Pesbar Siapkan Uji Coba Penerapan Tapping Box

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), berencana akan menerapkan tapping box pada sejumlah rumah makan dan penginapan di kabupaten setempat, sebagai upaya memaksimalkan pajak daerah.

Tapping box merupakan sebuah alat monitoring transaksi usaha secara online yang dipasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi yang terjadi di tempat usaha.

Bacaan Lainnya



Datanya akan masuk ke server pemkab setempat. Dengan begitu, pemkab dapat memonitor potensi pajak yang terjadi di tempat usaha.

Kabid Pajak Daerah Herdy Wilismar, S.H, M.M., mendampingi Kepala Bapenda Kasmir, S. Sos., mengatakan dalam menerapkan tapping box itu, Bank Lampung siap menyiapkan tapping box untuk ditempatkan di sejumlah rumah makan dan penginapan.

“Dalam menerapkan tapiping box di sejumlah rumah makan dan penginapan itu, Bank Lampung siap memfasilitasi dalam menyediakan tapping box itu, saat ini sudah ada 20 tapping box yang disiapkan,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam menerapkan tapping box itu, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan sejumlah rumah makan dan penginapan, terutama yang siap untuk menerapkan tapping box itu.

“Kita akan koordinasi ke sejumlah rumah makan dan penginapan terkait penerapan tapping box itu, dalam penerapannya nanti akan kita pelajari lagi seperti apa perkembangannya,” jelasnya.

Lanjutnya, dari 20 tapping box yang disiapkan Bank Lampung, tidak semuanya akan pihaknya gunakan, melainkan hanya beberapa saja yang akan dijadikan contoh dalam penerapan tapping box itu.

“Nanti hanya sejumlah rumah makan dan penginapan yang kita jadikan contoh, dengan waktu yang kita tentukan akan kita lihat perkembangan tapping box itu apakah maksimal atau tidak,” terangnya.

Menurutnya, penerapan tapping box itu sudah lama pihaknya rencanakan, namun karena terkendala dengan anggaran sehingga sampai sekarang penerapan tapping box untuk memaksimalkan pajak dari rumah makan dan penginapan belum dilaksanakan.

“Tahun ini ada Bank Lampung yang siap memfasilitasi tapping box itu, tentu akan kita maksimalkan, kita harap kedepan penerapan tapping box itu bisa terus dilaksanakan dan terus bertambah,” ujarnya. (yog/mlo)



Pos terkait