Pesbar Tidak Memiliki Dokter Hewan

Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini tidak lagi memiliki dokter hewan untuk mendukung kegiatan kesehatan hewan di kabupaten setempat di tahun 2022.

Hal itu menyusul satu-satunya dokter hewan di kabupaten setempat lulus dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Lampung Utara, sehingga secara otomatis pindah dari Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya


Kabid Peternakan, Mesrawan, S.STP, M.Si., mendampingi Plt. Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan saat Kabupaten Pesbar tidak memiliki dokter hewan, karena dokter hewan sebelumnya sudah pindah tugas.

“Sudah ada dua orang dokter hewan di Kabupaten Pesbar ini sebelumnya, satu orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan satu orang berstatus pegawai kontrak kementerian, kini keduanya sudah pindah tugas,” kata dia.

Dijelaskannya, kini dalam memberikan pelayanan kesehatan hewan, pihaknya memanfaatkan keberadaan pegawai di bidang peternakan, sambil mengupayakan adanya bantuan dokter hewan dari Pemprov Lampung.

“Kita sedang mengupayakan adanya bantuan dokter hewan di Dinas Peternakan Provinsi Lampung, apalagi disana jumlah dokter hewan cukup banyak,” jelasnya.

Menurutnya, keberadaan dokter hewan itu sangat dibutuhkan oleh Pemkab Pesbar, hal itu untuk mendukung pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan hewan.

“Keberadaan dokter hewan itu tidak bisa dianggap sebelah mata, karena dengan adanya dokter hewan pelayanan kesehatan hewan seperti pemeriksaan kesehatan hingga pelaksanaan vaksinasi rabies bisa kita lakukan,” terangnya.

Pihaknya berharap, Pemprov Lampung dapat memberikan bantuan tenaga dokter hewan ke Kabupaten Pesbar, sehingga pelayanan di Bidang Peternakan tersebut dapat berjalan dengan maksimal.

“Kami sangat membutuhkan keberadaan dokter hewan itu, mudah-mudahan dari Provinsi nant ada bantuan tenaga dokter hewan tersebut,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait