Peserta KB Aktif di Pesbar Capai 31.073 Akseptor

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat jumlah peserta Keluarga Berencana (KB) aktif sejak Januari sampai dengan Mei 2020 saat ini mencapai 98,71 persen atau 31.073 akseptor.

Kepala Dinas PPKB Pesbar, Nurdiah, S.Pd., melalui Sekretaris, dr. Budi Wiyono, mengatakan bahwa untuk peserta KB di Kabupaten Pesbar hingga kini terus mengalami peningkatan baik peserta KB aktif maupun peserta KB baru.

Bacaan Lainnya



Sedangkan, untuk peserta KB baru sejak Januari sampai dengan Mei 2020 ini berjumlah 1.775 akseptor atau 40,31 persen dari jumlah Pasangan Usia Subur (PUS).

“Karena itu kemungkinan mulai dari Mei saat ini dan seterusnya akan ada perubahan jumlah akseptor KB baru dan KB aktif,” katanya.

Dijelaskannya, Dinas PPKB Pesbar hingga kini juga masih terus memberikan himbauan melalui Petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) terkait dengan semua program KB baik melalui sistem Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) maupun lainnya. 

Terlebih di tengah wabah virus corona atau Covid-19 saat ini, selain mengedukasi pasangan usia subur tentang program KB juga diharapkan agar PLKB dapat memberikan himbauan kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Dalam pelayanan KB yang ada di setiap Pekon juga diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti dalam pelaksanaan Posyandu maupun lainnya,” jelasnya.

Masih kata dia, Dinas PPKB setempat tentu sangat berharap agar masyarakat dalam hal ini pasangan usia subur benar-benar mengikuti semua program KB yang telah digulirkan oleh Pemerintah.

Hal itu bertujuan dalam rangka salah satunya untuk pengendalian penduduk. Meski di Pesbar jumlah penduduknya saat ini masih belum tergolong padat, namun itu harus tetap diantisipasi.

“Mudah-mudahan peserta KB aktif maupun KB baru di Kabupaten Pesbar ini terus meningkat, karena itu semua PLKB maupun petugas terkait lainnya dapat terus memaksimalkan pembinaan terhadap masyarakat,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait