Peserta SKD CPNSD Diperiksa Ketat

  • Whatsapp
Peserta SKD melalui pemeriksaan ketat sebelum masuk kedalam ruangan tes. Pemeriksaan juga menggunakan alat metal detector. - Foto rnn

Medialampung.co.id – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNSD Kabupaten Tanggamus memasuki hari kedua, Senin (17/2).

Berdasarkan pantauan medialampung.co.id, hingga sesi ketiga tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya, baik dari komputer maupun dari listrik.

Bacaan Lainnya



Sebelum memasuki ruang tes yang berada di Lantai IV Gedung SMA Yadika, Pagelaran, Pringsewu,  peserta  diperiksa ketat oleh petugas.

Pemeriksaan tersebut dilengkapi dua alat metal detector sehingga benda elektronik seperti HP, arloji dan ikat pinggang pun dapat terdeteksi.

Total ada tiga kali pemeriksaan, panitia juga menyediakan tempat penitipan barang yang diberi nomor sehingga tidak akan tertukar, Hal ini untuk mencegah barang terlarang masuk.

Sambil menunggu giliran masuk ke ruangan tes, peserta sesi berikutnya menunggu diruang isolasi, disini peserta mendapatkan penjelasan secara audio visual mengenai tata cara pengisian jawaban metode computer assisted test (CAT).

Lalu imbauan dan arahan juga diberikan panitia seleksi daerah (panselda) kepada peserta.

“Alhamdulillah, hingga sesi ketiga dihari kedua ini pelaksanaan berjalan lancar, harapannya sampai selesai tidak ada kendala,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanggamus Aan Derajat.

Dilanjutkan Aan, bahwa hingga hari kedua ini, dalam setiap sesinya tidak penuh 200 peserta karena ada saja peserta yang tidak hadir.

Hal ini sangat disayangkan, sebab untuk sampai SKD peserta harus dulu melalui tahapan yang terbilang cukup rumit seperti harus antre mendaftar secara online diportal BKN, lalu dilanjutkan dengan seleksi berkas.

“Kemarin dihari pertama 69 tidak hadir, sementara dihari kedua hingga sesi tiga 39 peserta tidak hadir, kan ini sayang,sebab sudah melalui tahapan seleksi berkas, dalam seleksi berkas kemarin 446 peserta tidak lolos. Tes CPNS ini bagian dari ikhtiar,” ujar Aan.

Masih kata Aan, dalam SKD tahun ini, passinggrade diturunkan dari tahun sebelumnya, dimana tahun ini. Passinggrade 271 yang terdiri dari Karakter Pribadi (TKP) 126, TIU (Tes Intelegensi Umum) 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65.

“Ada salah satu peserta yang nilainya 457, sementara dari 100 soal kalau jawaban benar semua nilainya 500. Peserta tersebut adalah pria yang ikut di sesi ketiga di hari pertama kemarin,” imbuhnya Aan.

Peserta yang lolos passinggrade, lanjut Aan, akan melaju ke tahap berikutnya, yakni seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Tiga terbaik disetiap formasi, akan mengikuti SKB. Dalam. SKB nanti serentak langsung se-Lampung,” pungkasnya. (ral/ehl)



Pos terkait