Peserta Vaksinasi di Kelurahan Pajarbulan Membludak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meskipun pihak polri yakni Polsek Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) telah menyediakan 713 Dosis vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca pada gerai vaksinasi dosis pertama di Kantor Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Jumat (5/11).

Namun, masih banyak warga setempat yang datang tidak dapat dilayani lantaran stok vaksin telah habis.

Bacaan Lainnya

Dalam vaksinasi itu hadir Anggota DPRD Lambar Suharlan, S.Ag, Camat Waytenong Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajarbulan Minarni, S.Km, M.Kes., Kepala Polsubsektor Waytenong Ipda Andy Prasetyo dan belasan anggota Polsek, serta Babinsa setempat. 

Pada vaksinasi itu Lurah Erna Risnawati, S.E., menyampaikan rasa syukur bukan hanya atas kelancaran vaksin, melainkan kemauan warga yang sangat tinggi vaksinasi. Bahkan stok yang tersedia tidak mampu memenuhi tingkat kehadiran warga. 

“Alhamdulilah kemauan warga untuk divaksin sangat tinggi, hari ini meski vaksin yang disediakan telah melebihi rencana awal 600 dosis, tepatnya tersedia 713 dosis tapi banyak warga yang belum kebagian,” ungkapnya.

Pihaknya menyebutkan setelah beberapa kali dilaksanakan gerai vaksin di kelurahan itu, bahkan adanya warga yang telah divaksin di tempat lain seperti di Puskesmas Pajarbulan, tetapi secara persentase jumlah warga setempat yang divaksin baru mencapai 50-an persen.

Akan tetapi untuk meraih target Herd Immunity pihak kelurahan akan berupaya semaksimal mungkin, dan berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajarbulan, TNI dan Polri khususnya untuk diberikan lagi gerai vaksinasi. 

“Harapan kami dalam dua bulan sebelum habisnya tahun 2021, semua warga telah selesai divaksin,” pintanya. 

Sementara Camat Bambang Hermanto, memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua masyarakat yang semakin percaya diri untuk divaksin. 

“Saya senang melihat kerumunan warga yang sengaja datang untuk divaksin. Perlu digaris bawahi bahwa Vaksin yang diberikan pemerintah dipastikan Halal dan itu sudah disahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta vaksinasi ini sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” ujarnya.

Dipertegas Kapolsek Sumberjaya Kompol Kadengan mendampingi Kapolres Lambar AKBP Hadi Saepul Rahman, S.I.K., melalui Kapolsubsektor Ipda Andi Prasetio, sebagai masyarakat yang baik dan taat, mari wujudkan percepatan dan pemerataan vaksin agar pandemi Covid-19, dapat segera berakhir sehingga pertumbuhan ekonomi dapat pulih.

Anggota Legislatif (Aleg) Fraksi PDI Perjuangan Suharlan, S.Ag., mengemukakan ucapan terimakasih kepada petugas terkait mulai dari Tenaga Kesehatan (Nakes), TNI, Polri hingga petugas kelurahan dan pekon atas keseriusan dalam menyelesaikan dan mensukseskan vaksinasi yang rata dilaksanakan di seluruh Indonesia. 

Begitu juga kepada warga, dia memberikan apresiasi atas semangat dan kemauan untuk mengikuti vaksinasi. “Mari kita bersama-sama berjuang dan berupaya membentuk Herd Immunity dan menjadikan pandemi Covid-19 menjadi Endemi,” kata Suharlan.

Kepala UPT Puskesmas Pajarbulan Minarni, S.Km, M.Kes, memaparkan upaya dalam mempercepat vaksinasi sudah sangat maksimal pelaksanaannya dan merata terutama di kecamatan tersebut.

“Kita terus berupaya agar semua masyarakat dapat divaksin sebagaimana ketentuan kesehatan, karena itu dukungan dari semua pihak menjadi kunci meraih harapan yang kita inginkan kembali normal dari pandemi Covid-19,” tandasnya.(r1n/mlo)

Pos terkait