Pesta Rakyat Sekura Cakak Buah di Kenali Disesaki Ribuan Masyarakat

Medialampung.co.id – Pesta rakyat Sekura Cakak Buah (Topeng Panjat Pinang) salah satu tradisi budaya masyarakat Kabupaten Lampung Barat dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Sekura biasanya dilaksanakan setelah shalat Idul Fitri terhitung 1 hingga 7 Syawal di beberapa pekon (kampung) secara bergilir. 

Bacaan Lainnya


Dalam acara tersebut, peserta sakura wajib mengenakan topeng dengan berbagai karakter dan ekspresi.

Setelah sempat terhenti pesta rakyat sakura selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, tahun ini sakura kembali digelar dan disambut antusias masyarakat.

Seperti hari ini, Selasa (3/5) pesta sekura panjat pinang dilaksanakan di Pekon Kenali dan diikuti ribuan peserta dari sejumlah pekon tetangga.

Salah satu peserta sakura asal Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, Herwin mengaku sangat bahagia diadakan kembali pesta rakyat Sekura Panjat Pinang tersebut. 

“Ya, Alhamdulillah kita seneng banget dengan diadakan kembali Sekura ini. Semoga pandemi Covid-19 sudah berakhir dan acara seperti ini kembali ada setiap tahunnya,” terangnya. 

Serupa juga dikemukakan Alek, warga Pekon Kegeringan. Ia mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. 

“Alhamdulillah kita bisa mengadakan pesta sekura lagi. Rombongan kami dari Pekon Kegeringan ada 250-an orang ikut memeriahkan pesta sekura di Pekon Kenali ini,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait