Petani Lamteng Dituntut Memanfaatkan KPB Secara Maksimal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id. – Masyarakat Lampung Tengah hampir 70 persen petani. Adanya Kartu Petani Berjaya (KPB) yang telah di-launching diharapkan bisa dimanfaatkan petani.

Pj. Bupati Lamteng Adi Erlansyah menyatakan petani dapat dengan mudah mengetahui informasi sarana produksi (saprodi) dan informasi budidaya pertanian lewat aplikasi KPB.

Bacaan Lainnya



“Apalagi Lamteng merupakan salah satu lumbung pangan nasional yang berbasis pertanian. Jadi manfaatkanlah fasilitas yang ada di KPB oleh petani di Lamteng,” katanya.

Lamteng, kata Adi, ada sekitar 5.000-an kelompok tani. KPB harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh petani.

“Program KPB Bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Adi melanjutkan, KPB sangat berguna karena masalah petani yang sering dikeluhkan adalah kelangkaan pupuk dan harga anjlok ketika panen.

“Lewat KPB, petani tidak kehilangan informasi ketika membutuhkan pupuk dan memasarkan hasil pertaniannya. Banyak manfaatnya untuk petani,”  ungkapnya.

Petani Lamteng yang sudah tergabung dalam keanggotaan KPB, Adi menyatakan baru sekitar 2.000-an.

“Itu baru 10 % dari jumlah petani di Lamteng. Kita akan sosialisasikan dan tingkatkan. Ketika manfaatnya dirasakan petani, pasti yang lain ikut jadi anggota KPB,” katanya.

Untuk bergabung dalam keanggotaan KPB, kata Adi, ada proses verifikasi dari Tim Bertani Berjaya.

“Yang terpenting lahan pertanian dan komoditas pertanian yang ditanam jelas. Nanti dikoordinasikan melalui kelompok tani,” ungkapnya. (sya/mlo)



Pos terkait