Petani Mulai Tinggalkan Penggunaan Herbisida

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagian besar petani di wilayah Kecamatan Batubrak, Belalau, Batuketulis hingga Sekincau, Kabupaten Lampung Barat kini mulai meninggalkan penggunaan herbisida untuk membasmi rumput.

Sehingga, para petani di wilayah itu kini lebih memilih menerapkan sistem gotong royong untuk membersihkan rumput atau dikenal dengan isitlah “Blenan”.

Bacaan Lainnya



Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Agustanto Basmar, mengatakan upaya pengurangan penggunaan herbisida kini perlahan mulai diterapkan oleh sebagaian besar petani, terutama di empat kecamatan itu.

Sehingga kini ia memastikan kondisi tanaman dan kultur tanah di lahan petani wilayah itu nampak sumbur.

“Jika petani masih bergantung dengan penggunaan herbisida atau racun rumput untuk menangani gulma pada tanaman jangan berharap akan meningkatkan produksi secara maksimal,” terang Agustanto Basmar.

Ia menjelaskan pembersihan rumput menggunakan racun atau herbisida itu akan merugikan petani itu sendiri pada jangka panjang. Sebab, penggunaan herbisida akan berdampak buruk bagi kesuburan tanah maupun tanaman.

“Saat herbisida diberikan pada rumput, tanaman kopi di sekitarnya juga akan ikut sakit karena ikut terdampak. Bahkan, penggunaan herbisida yang terus-menerus juga bisa berdampak kepada kesehatan manusia,” imbuhnya.



Pos terkait