Petugas Damkar Lakukan OTT

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Petugas UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat melakukan operasi tangkap tawon berjenis Vespa Affinis atau kerap disebut tawon kepala yang berada di pemukiman warga Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau Selasa (14/1).

“Petugas pertama kali mendapatkan laporan soal sarang tawon yang berada dekat rumah warga. Objek penanganan berupa hewan liar atau sarang tawon yang ukurannya sangat besar dengan diameter sekitar 70 Centimeter,” ujar Kepala UPT Damkar Sukau Damrin, S.Ip.

Bacaan Lainnya



Dalam proses evakuasi itu, petugas harus mengenakan pakaian pelindung yang menutupi sekujur tubuh, kemudian menyediakan sejumlah peralatan tambahan agar tidak membahayakan warga sekitar.

“Kami telah berpesan kepada warga untuk waspada terhadap Tawon Vespa atau Tawon Kepala ini. jika hanya satu atau dua tawon yang menyengat, tidak akan terlalu bahaya. Akan tetapi tawon vespa mampu mengeluarkan veromon berbahaya untuk mengundang teman satu koloni agar ikut menyengat dan sengatan satu koloni inilah yang dapat mematikan,” kata dia.

Adapun, lanjut dia, cara menghindari sengatan tawon vespa, ia berpesan yang pertama, agar jangan mengganggu keberadaan tawon vespa,kemduian, tetap tenang dan jangan panik saat ada serangan tawon, bergerak perlahan menjauh, jangan berteriak, menepuk atau memukul tawon, karena akan mengganggu dan membuat tawon lebih agresif.

“Jangan memindahkan sarang tawon vespa yang besar tanpa keahlian khusus, bahkan jika disengat tawon vespa, segera kompres air dingin dan segera berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat, untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan saran dari dokter,” imbuhnya.

Disamping itu, apabila masyarakat kembali menemukan keberadaan sarang tawon serupa, pihaknya meminta agar segera hubungi pihak Pemadam Kebakaran dan pihaknya memastkan siap untuk melakukan evakuasi.

Sementara, Fattah salah seorang pemilik rumah mengatakan, mengaku dirinya merasa sangat khawatir dengan adanya sarang tawon di dekat rumahnya itu. Sebab lambat laun sarang tawon kian membesar. Khawatir terjadi sesuatu dan bisa membahayakan anggota keluarganya ia pun lantas melaporkan kejadian itu kepada Pemadam Kebakaran.

“Sudah beberapa bulan ini sarang itu ada, dan lambat laun kian membesar. Kami sekeluarga sangat khawatir. Karena sengatan tawon jenis ini sangat membahayakan,” tuturnya. (edi/mlo)



Pos terkait