Petugas Medis Periksa Puluhan Warga di Pelabuhan Talang Mutung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna mewaspadai penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19) langkah pencegahan dan pengawasan terus dilakukan seperti di Pelabuhan Talangmutung, sebagai pintu gerbang menuju Pekon Pancurmas, dan Pekon Ujungrembun, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat, Sabtu (28/3). 

Untuk mempermudah proses pemeriksaan, seluruh penumpang kapal dari empat pelabuhan di wilayah tersebut, diwajibkan untuk transit (singgah) di Pelabuhan talang mutung untuk mengikuti screening (pengecekan suhu tubuh) oleh petugas medis UPT PRI Lumbokseminung.

Bacaan Lainnya


Kepala UPT PRI Lumbokseminug Khalif Ardhi S.Kep, M.H.,menuturkan bahwa dalam upaya pencegahan itu pihaknya bekerjasama dengan unsur TNI-Polri untuk melakukan pengawasan terhadap penumpang yang baru turun dari pelabuhan tersebut.

“Pemeriksaan selesai pukul 14.00 WIB tadi, total ada 80 warga yang menjalani pengecekan kesehatan. Hampir keseluruhan penumpang itu merupakan warga pekon Ujungrembun dan Pancurmas,” kata Khalif.

Lanjutnya, dari hasil pemeriksaan suhu tubuh, sejauh ini tidak ditemukan pengguna jalan yang melintas ke Kabupaten Lambar suhunya diatas 38 derjat Celcius. Kendati begitu pihaknya terus memperketat wilayah perbatasan sebagai upaya deteksi dini.

“Jika terdapat suhu panas tubuh 38 derajat celcius, maka akan diperiksa lanjutan di Puskesmas, dan selanjutnya akan kita koordinasi untuk dilakukan pemeriksaan intensif,” imbuhnya.

Sementara, Peratin Pancurmas Dadang Ermayadi menambahkan, khususnya di wilayah pekon setempat, sejauh ini ada tiga warga yang baru kembali dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Namun dalam setelah mengikuti rangkaian pemeriksaan itu, suhu tubuh ketiganya dinyatakan normal.

“Dalam pemeriksaan itu, ada tiga warga kami yang baru pulang dari Batam, tapi sudah di cek dan semuanya dalam kondisi kondisi baik,” pungkasnya.(edi/mlo)




Pos terkait