Petugas Pasang Stiker di Rumah Penerima PKH 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Petugas Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan penempelan stiker Keluarga Pra Sejahtera di rumah-rumah Kelompok Penerima Manfaat (KPM) PKH. 

Penempelan stiker tersebut selain sebagai penanda keluarga penerima bantuan sosial seperti PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), juga untuk mengajak masyarakat yang merasa sudah mampu secara taraf ekonomi agar mundur dari KPM PKH untuk dialihkan kepada warga lain yang lebih berhak menerima. 

Bacaan Lainnya


Petugas PKH Kecamatan Kebuntebu Teti Haryati, S.T.p., menyebutkan, dalam penempelan stiker tersebut petugas PKH didampingi pihak kecamatan, babinsa dan babinkamtibmas.

“Dalam stiker pra sejahtera tersebut selain tertera beberapa program pemerintah, identitas penerima seperti foto, nomor peserta disertakan juga,” terangnya.

Fungsi Stiker Pra Sejahtera tersebut juga untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai penentuan penerima PKH. Sementara kebijakan petugas PKH hanya sebagai pelaksana, sementara yang menentukannya adalah Kementerian Sosial (Kemensos). 

Terkait hal itu, Teti berharap melalui pemasangan stiker tersebut menimbulkan kesadaran diri bagi KPM yang merasa telah mampu secara ekonomi, dengan mengajukan pengunduran diri secara sukarela.

Dari pengecekan di lapangan, lanjutnya, pihaknya menemukan rumah KPM PKH yang sudah bagus, bahkan ada yang telah memiliki kendaraan Roda Empat (R4), karena itu diharapkan bagi warga yang sudah kategori mapan untuk mundur.

“Saat ini di Kecamatan Kebuntebu baru Satu KPM yang telah mundur, dan ada Dua KPM lagi yang mengajukan berkas pengunduran, dengan total 635 KPM yang tersebar di 10 pekon,” ujarnya. (rin/mlo)




Pos terkait