Pihak Puskesmas Lakukan Penjaringan Kesehatan Berkala SMAN 1 Kebuntebu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim medis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyambangi SMA Negeri 1 Kebuntebu, Selasa (16/11).

Kedatangan para tenaga medis tersebut melakukan penjaringan berkala, pemeriksaan kesehatan siswa didik, seperti pengecekan berat badan, kesehatan gigi, kebersihan telinga, kecukupan gizi dan kondisi penglihatan mata. 

Bacaan Lainnya

Disampaikan Tim Medis UPT Puskesmas Kebuntebu Ahmad Dean FC, A.M.D.Kg, bersama Meli Ratnasari, A.M.D.Kg, dan Nur Afriyani, S.T.R. Keb., pemeriksaan kesehatan siswa didik tersebut dilaksanakan di semua tingkatan satuan pendidikan.

Dimana langkah itu merupakan upaya jemput bola pihak puskesmas dalam mengecek kesehatan siswa, sehingga jika ditemukan ada yang mengalami masalah terhadap kesehatannya diarahkan untuk melakukan pengobatan ke puskesmas.

“Harapan kita jangan sampai terjadi pengobatan setelah kondisi sakit siswa parah, dan dalam penjaringan berkala yang dilaksanakan dua kali setiap tahun. Khusus untuk SMAN 1 Kebuntebu, hasilnya bagus, walaupun memang ada ditemukan kerusakan gigi, dan kebersihan telinga yang kurang, atau masih mengabaikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Alias kesehatan mandiri,” beber Ahmad Dean.

Sementara Kepala SMAN 1 Kebuntebu Drs. Sugeng, M.M., menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini dengan pihak puskesmas khususnya bidang kesehatan. 

“Perhatian yang diberikan pihak Puskesmas Kebuntebu dalam memantau kesehatan siswa sangat luar biasa, bahkan untuk gerai vaksinasi sebanyak 651 siswa telah divaksin dan sisanya 78 siswa lagi, serta guru dari 42 orang 35 telah divaksin. Sisanya tidak divaksin karena memiliki penyakit bawaan (komorbid),” tandasnya.(r1n/mlo)

Pos terkait