“Pilar Madani” Menjadi Perpustakaan Pekon Mitra Perpusnas RI Terbaik 2 TP-BIS Provinsi Lampung

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan

Medialampung.co.id – Perpustakaan Pilar Madani menjadi Perpustakaan Pekon Mitra Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia Terbaik 2 Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS) Provinsi Lampung tahun 2021. 

Peratin Pekon Padang Tambak Kecamatan Waytenong Kabupaten Lambar Kurnaidi mendampingi langsung Pengelola Perpustakaan Pilar Madani Mahdalena, S.Pd. saat presentasi sekaligus penilaian dalam rangka Peer Learning Meeting Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (PLM-TP BIS) Pekon Mitra Perpusnas yang dilaksanakan pada 14-15 September untuk Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

Pengelola Perpustakaan Pekon Padang Tambak Mahdalena mengungkapkan, banyak capaian yang dilakukan oleh Perpustakaan Pilar Madani termasuk peningkatan pelayanan masyarakat, pelibatan masyarakat, pelibatan stakeholder, advokasi dan promosi serta impact dari TP-BIS Pilar Madani.

Ia mengungkapkan bahwa minat baca masyarakat sangat tinggi, dan salah satu pemustaka yang bernama Umak Elva merasakan sendiri manfaat literasi yaitu dengan membaca dan mengikuti pelatihan di perpustakaan Pilar Madani oleh Dinas Pertanian. 

“Umak Elva yang awalnya buruh tani, jadi kehilangan pekerjaannya karena penyakit kanker rahim yang dideritanya. Setelah selesai masa pengobatan, kini Umak Elva kembali memiliki penghasilan setelah mengikuti beberapa kali pelatihan pengolahan kopi beberapa varian rasa di Perpustakaan Pilar Madani Pekon Padang Tambak. Disini sangat dirasakan bahwa benar benar literasi menuju kesejahteraan,” tegas Mahda—sapaan Mahdalena mendampingi Peratin Padang Tambak Kurnaidi.

Lanjut dia, Pilar Madani di tahun 2019 pernah menjadi juara harapan 1 Tingkat Nasional Perpustakaan Pekon terbaik klaster B. Dengan modal itu, Pilar Madani terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menjadikan Pilar Madani sebagai rumah kedua bagi masyarakat untuk berkegiatan, sehingga hal tersebut menjadi pertimbangan Tim Penilai yang akhirnya di akhir acara PLM-TP BIS yang diikuti oleh seluruh Pekon Mitra Perpusnas RI se Provinsi Lampung Perpustakaan diumumkan bahwa Pilar Madani Pekon Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat meraih Perpustakaan Pekon terbaik 2 TP-BIS Provinsi Lampung.

Sementara Peratin Padang Tambak Kurnaidi mengatakan, Pilar Madani banyak memiliki potensi dan juga inovasi karena punya komitmen ‘Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi seiring dengan teknologi 4.0 dan Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial’.

Dilain pihak, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang juga Selaku Pembina TP-BIS di Kabupaten Lampung Barat Yudha Setiawan, S.I.P mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Perpustakaan Pilar Madani yang telah menambah kesuksesan Perpustakaan Pekon di Lampung Barat. Komitmen bersama dari seluruh pihak yang ada di Pekon Padang Tambak sangat dibutuhkan yakni Smart Government, Smart Economy, Smart Living, Smart People, Smart Village, dan Smart Heritage. 

“Dari enam smart ini semuanya secara bertahap dan perlahan lahan untuk dijalankan dengan melibatkan masyarakat, ” kata Yudha.

Menurutnya beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Pekon Padang Tambak yaitu telah memiliki layanan mandiri untuk TP-BIS. Dengan melibatkan peran serta masyarakat setempat yakni berupa budidaya dan pelatihan untuk bisa mengembangkan kemampuan dan potensi masyarakatnya yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Pekon Padang Tambak.

“Selamat kepada Perpustakaan Pilar Madani atas prestasi yang diperoleh, semoga ini jadi inspirasi Pekon lain di Lampung Barat untuk maju bersama sebagai Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, sehingga terwujud Kabupaten Literasi Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” tutup Yudha. (lus/mlo)


Pos terkait