Pilkada 2020, DPT Pesbar Berpotensi Bertambah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diprediksi akan berpotensi bertambah dibanding pada pelaksanaan Pemilu 2019 yang telah selesai di gelar.

Komisioner KPU Pesbar, Tulus Basuki, mengatakan bahwa, pada pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, jumlah DPT di Kabupaten Pesbar ini sebanyak 112.343 pemilih. Karena itu dengan jangka waktu satu tahun lebih hingga pelaksanaan Pilkada di Pesbar pada 2020 mendatang, dimungkinkan jumlah DPT akan bertambah.

Bacaan Lainnya



“Jumlah DPT tentu akan terus mengalami perubahan, baik berkurang maupun bertambah, namun untuk di Pesbar berpotensi akan bertambah karena di pengaruhi beberapa faktor,” katanya, Kamis (20/6).

Seperti, lanjutnya, dipengaruhi karena bertambahnya pemilih pemula atau pemilih yang sudah berusia 17 tahun hingga hari H Pilkada 2020 nanti. Selain itu, Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang akan di DPT-kan, perpindahan penduduk dari luar daerah, mengingat saat ini banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Pesbar yang berasal dari luar daerah.

“Juga faktor lainnya yang mempengaruhi bertambahnya jumlah DPT pada Pilkada nanti, mengingat jumlah penduduk di Pesbar juga cukup terlihat berkembang,” jelasnya.

Masih kata Tulus, untuk jumlah pemilih yang berpeluang menjadi DPT pada Pilkada 2020 di Kabupaten Pesbar ini yakni jumlah DPT Pemilu sebelumnya ditambah dengan jumlah pemilih pemula serta penduduk baru yang memang sudah melakukan proses administrasi pindah domisili kependudukan di Disdukcapil Pesbar atau sudah tercatat memiliki KTP-el Kabupaten Pesbar.

“Semua itu berpeluang untuk menjadi DPT di Pilkada Pesbar 2020 mendatang,” tandasnya.(yan/mlo)



Pos terkait