Pj. Sekkab Pringsewu Ajak Satker Lain Ikuti Langkah BKPSDM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan kerja perangkat daerah di Pringsewu didorong mengikuti langkah BKPSDM melakukan pemusnahan arsip yang tak lagi diperlukan.

Namun pemusnahannya tak boleh serampangan, dan harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Bacaan Lainnya

“Arsip yang tak lagi diperlukan dapat dimusnahkan. Pemusnahan Arsip tak sembarangan main di sobek atau yang lainnya, tapi ada aturannya,” pesan Pj. Sekkab Pringsewu Hasan Basri.

Dia juga mengajak satker lainnya untuk mengikuti langkah BKPSDM memusnahkan arsip yang tak terpakai guna menghindari penumpukan termasuk penghematan anggaran untuk pengadaan gudang.

“Ayo kita wujudkan system untuk kedepan Pringsewu yang terbaik. Arsip kita susutkan lihat yang diperlukan atau tidak. Ini tonggak pertama. Kita wujudkan Pringsewu menjadi contoh tata kelola arsip,” pesan Hasan Basri.

Terpisah, kepala BKPSDM kabupaten Pringsewu Ani Sundari mengatakan, pemusnahan arsip dapat dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya dikubur dalam lubang, Pulping, Penggunaan bahan kimia dan dibakar atau dengan cara lainnya.

“Dari hasil Koordinasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu, memilih pemusnahan arsip melalui pencacahan,” jelasnya. 

Lebih lanjut, menurut alumnus STPDN tersebut, upaya itu dilakukan sehingga tidak menimbulkan polusi udara akibat asap sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian alam.(sag/mlo)


Pos terkait