PJU Sejumlah Jalan Protokol di Bandarlampung Padam Selama PPKM Darurat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam beberapa hari terakhir lampu jalan di sejumlah ruas jalan yang terkena penyekatan PPKM Darurat mengalami pemadaman.

Salah satunya di seputar Tugu Adipura atau Tugu Gajah yang menjadi ikon kota ini yang biasanya terang dengan lampu berwarna-warni kini gelap dan hanya mengandalkan penerangan dari lampu billboard di sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Kamis malam (15/7), Simpang Lungsir sepi dan gelap. Jalan layang Sultan Agung yang baru diresmikan dengan lampu gemerlap juga padam.

Tak hanya jalan layang berlukiskan bunga warna-warni itu, sepanjang jalur dua Jl. Sultan Agung, Jl. Teuku Umar, Jl. Jend. Sudirman, Jl. A. Yani, Jl. Raden Intan, dan sekitar RS Bumi Waras ikut gelap.

Dari berbagai grup whatsapp, beredar pesan berantai yang menyatakan bahwa Pemkot Bandarlampung sengaja memadamkan penerangan jalan umum (PJU) jalan protokol. Dalam pesan itu, Pemkot mengimbau masyarakat jika tidak ada kepentingan lebih baik diam di rumah saja.

Pesan tersebut menginformasikan pemadaman di 17 jalan, yakni Jl. Majapahit, Sriwijaya, Antasari, Kartini, Raden Intan, Wr. Monginsidi, Yos Sudarso, Cik Ditiro, Sudirman, Diponegoro, Pasar Kangkung, Diggers, Gajah Mada, Sultan agung, Gatot Subroto, A. Yani, dan Jl. Dr. Susilo.

Namun, dari pemantauan PJU Jl. Dr. Susilo yang merupakan jalan Kantor Pemkot Bandarlampung dan Rumah Dinas Gubernur Lampung tidak padam.

Termasuk PJU padam di Jl.Teuku Umar, Hanoman, Pasar Tugu, Gajah Mada, Perintis Kemerdekaan, Gatsu, Selamet Ryadi, Yos Sudarso, KH Ahmad Dahlan, ZA Pagaralam.

Dikonfirmasi terkait pemadaman JPU, Kadis Kominfo Ahmad Nuriski Erwandi tidak menjawab baik melalui sambungan telepon dan WA.

Sementara Manajer Komunikasi PLN UID Lampung Darma Saputra  juga mengaku belum mengetahui perihal rencana pemadaman lampu jalan tersebut. 

“Perihal tersebut, Pihak Pemkot belum ada pemberitahuan secara resmi baik surat ataupun lisan. Kami di masa PPKM ini himbauan manajemen untuk menjaga keandalan dan keamanan pasokan listrik. Karena masyarakat sangat membutuhkan listrik dalam menjalankan aktivitasnya di rumah,” jelasnya. 

Bahkan, lanjutnya, jalur-jalur  yang menyuplai listrik untuk Rumah Sakit dan pabrik oksigen sangat diprioritaskan keandalannya.

Jadi sangat dipastikan tidak ada rencana PLN untuk memadamkan listrik, apalagi secara meluas. Kecuali ada emergency atau gangguan jaringan.

Lain lagi dengan Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung, Basyuni Ahyar mengatakan Tidak ada pemadaman lampu jalan tapi dirinya mengatakan sedang ada perbaikan di beberapa gardu listrik, sehingga terjadi pemadaman di beberapa ruas jalan.

Saat  ditanyakan gardu mana yang sedang diperbaiki, Basyuni tidak memberi keterangan yang jelas. “Tidak ingat saya gardu mana yang rusak,” tandasnya.(jim/mlo)


Pos terkait