PKBI-IBI dan Puskesmas se-Lambar Gelar Kegiatan MASA ORBA DELIMA

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat (Lambar) bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Lambar dan Puskesmas Se-Kabupaten Lambar akan menggelar kegiatan MASA ORBA DELIMA (Masih Ada Orang Baik  Dan Peduli Sesama). 

“MASA ORBA DELIMA adalah kegiatan yang  berupa pemberian anugerah kepada Relawan Kemanusiaan Peduli Covid-19,” kata Sekretaris PKBI Cabang Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, S.Pd  M.M, Minggu (8/8)

Kata Sandarsyah, kegiatan ini bermaksud mencari dan menemukan Relawan Kemanusiaan yang berkelakuan baik dan peduli terhadap sesama, khususnya kepada penderita atau penyintas Covid-19. Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, khususnya Kader Penggerak/Relawan Kemanusiaan dalam aspek Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif kesehatan dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19. Lalu tujuan yang lain adalah untuk menurunkan jumlah yang terkonfirmasi dan yang meninggal dunia akibat Covid-19 serta meningkatkan angka orang yang sembuh dari Covid-19.

Dengan demikian hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya tugas dan fungsi pemerintah dalam melaksanakan 3T (Testing/Pemeriksaan, Tracking/Penelusuran, dan Treatment/Pengobatan). Lalu, meningkatnya peran dan fungsi masyarakat dalam melaksanakan 5M (Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir minimal 2 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas, serta meningkatnya jumlah pekon dan kelurahan yang berstatus Zona Hijau).

“Adapun peserta MASA ORBA DELIMA adalah laki-laki dan perempuan remaja/dewasa minimal berusia 17 tahun yang berdomisili di Pekon/Kelurahan wilayah Kabupaten Lampung Barat. Peserta yang berminat dapat mendaftar di IBI Ranting Kecamatan atau Puskesmas setempat. Pendaftaran gratis atau tidak dipungut biaya,” ujar Sandarsyah. 

Sedangkan tahap pelaksanaannya, lanjut Sandarsyah, untuk seleksi calon oleh IBI Ranting dan Puskesmas (9-14 Agustus 2021), pengiriman nominator ke Panitia/PKBI Cabang Lampung Barat (15-16 Agustus 2021), seleksi berkas dan dokumen peserta (17-18 Agustus 2021), dan verifikasi kunjungan lapangan (19- 22 Agustus 2021) serta penetapan Relawan Kemanusiaan sebagai ORBA DELIMA serta penyerahan hadiah dan piagam (24 Agustus 2021).

“Kegiatan MASA ORBA DELIMA akan memilih tiga orang Relawan Kemanusiaan yang masing-masing akan diberi kompensasi penghargaan berupa uang pembinaan dan piagam dari PKBI Cabang Lampung Barat,” imbuhnya.

Akan halnya kriteria pesertanya, yaitu peserta telah berbuat baik dan peduli dengan sesama, khususnya kepada penderita atau penyintas Covid-19. Perbuatan baik dan peduli yang demikian, tidak hanya satu kali saja dilakukan tapi berkali-kali/sering/masih berlangsung/terus menerus dalam kurun waktu tahun 2020 hingga sekarang.  “Peserta hendaknya mendokumentasikan foto atau video kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu yang telah ditentukan diatas minimal 2 (dua) foto/video, siap untuk diverifikasi dan menerima kunjungan rumah dari Tim Verifikator Relawan Kemanusiaan PKBI Cabang Lampung Barat, serta siap mempresentasikan/mengekspos dihadapan Tim Penilai pada waktu dan tempat yang akan ditetapkan kemudian,” tegasnya seraya menambahkan, untuk konfirmasi dan informasi yang kurang jelas dapat menghubungi narahubung : Sandarsyah (HP. 085269104466/WA. 081279531933); Junaidi Jamsari (081540861001) dan Ichan (085369678967). (lus/mlo)


Pos terkait