PKBI Lambar Luncurkan Program “PEJALAN KAKI”

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat meluncurkan program “PEJALAN KAKI” di lingkungan Gang Serasan Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balikbukit, Minggu (21/2). 

“Pejalan Kaki merupakan singkatan dari Peduli, Jangan Lupa Jiran Kanan Kiri,” kata Sekretaris PKBI Cabang Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Partinia, S.Pd, Minggu (21/2).

Bacaan Lainnya


Menurut Sandarsyah, PKBI sebagai organisasi pelopor pemberdayaan keluarga ingin berbuat sesuatu yang baru di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami ingin menggugah masyarakat bahwa di masa pandemi ini kita harus meningkatkan kepedulian, soliditas, kesetiakawanan dan solidaritas sosial diantara kita, terutama di lingkup kecil seperti di lingkungan tetangga dekat dan kanan kiri rumah. Sebagai contoh dan model awal PKBI Cabang Lampung Barat melakukan kegiatan di Gang Serasan, Kelurahan Way Mengaku,” ucapnya. 

Masih kata dia, agar program ini dapat terlaksana dengan baik dan efektif, dibentuk juga kepengurusan pengelola program PEJALAN KAKI yang terdiri Siti Fatimah (Ketua), Neli Dasir (Sekretaris), Salamah (Bendahara), Rosita (Seksi Pencatatan dan Pelaporan), dan Widia (Seksi Monitoring dan Evaluasi).

Peserta program Pejalan Kaki berjumlah 25 keluarga (termasuk keluarga kelima pengurus program Pejalan Kaki) yang ada di Gang Serasan.

Sebagai langkah tindak lanjut dari kegiatan ini, lanjut dia, dalam waktu dekat PKBI Cabang Lampung Barat akan memberikan sosialisasi berkenaan dengan penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Tentu kegiatan ini akan dilakukan sesuai dengan protokoler kesehatan

Lebih lanjut kata Sandarsyah, untuk mencegah dan menanggulangi Pandemi Covid-19, baik individu, masyarakat dan pemerintah mempunyai peranan masing-masing. Sebagai individu, harus menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan, melakukan asupan makanan bergizi, rutin berolahraga/aktivitas fisik, meningkatkan imunitas, dan selalu berdoa kepada yang maha kuasa.

Di sisi masyarakat, semua orang wajib pakai masker jika di luar rumah, jaga jarak, dan menghindari kerumunan. Sedangkan tugas pemerintah adalah disamping pencegahan (Preventif) juga melakukan pemeriksaan dini (Testing), penelusuran (Tracking), pengobatan dan perawatan (Treatment).

“Adapun tugas pengelola program Pejalan Kaki adalah menghimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan dan peduli jika ada warganya terkonfirmasi Covid-19,” pungkas Sandarsyah.(lus/mlo)


Pos terkait