PKS Pringsewu Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tiga peserta berhasil lolos dalam Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mewakili daerah pemilihan Tiga. 

Ketiganya masing masing Muhammad Jamhari (Pesawaran), Nur Ainiyah (Pringsewu) dan Elindah (Pringsewu). 

Bacaan Lainnya

“Seleksinya di pusatkan di Pringsewu,” terang ketua DPD PKS Pringsewu Zunianto. 

Peserta seleksi lomba membaca Kitab Kuning tersebut berasal dari dapil Tiga meliputi Kabupaten Pringsewu, Pesawaran dan Metro.

Selanjutnya setelah lolos ketiganya mengikuti seleksi berikutnya di tingkat DPW PKS Lampung 27 Desember mendatang untuk memperebutkan tiket ke tingkat Nasional.

Lomba membaca kitab Kuning yang di gelar PKS di katakan Zunianto sebagai salah satu wujud penghargaan atas kerja keras, ketekunan para ulama dan santri mempelajari kitab tersebut.”Lomba membaca kitab kuning tahun ini menginjak tahun ke Lima,” terangnya.

Lomba baca kitab kuning ini merupakan program unggulan Fraksi PKS yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Hal ini guna semakin menghidupkan kembali tradisi baca kitab kuning di pesantren-pesantren dan di masyarakat. Sehingga generasi muda terus dibekali dengan ilmu agama seiring berkembangnya zaman. 

“LBKK ini program unggulan Fraksi PKS yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya, untuk memotivasi generasi muda untuk mempelajari kitab kuning sehingga tradisi baca kitab kuning tetap hidup di pesantren-pesantren dan generasi muda senantiasa dibekali ilmu agama,” ucap ketua fraksi PKS Pringsewu Homsi Wastobir, ST.

Kitab yang dibaca adalah Kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Marbary. 

“Kriteria penilaian antara lain ketepatan membaca, pemahaman teks yang dibaca serta adab,” tambah Sarjito, S.Pd.I., ketua Panitia LBKK. 

Adapun untuk di dapil Tiga, LBKK menghadirkan dewan juri Ustadz DR. Masrur, lc, M. Pd. I, dan Kiyai Masri. (sag/mlo)

Pos terkait