Plafon Malioboro Mall Yogyakarta Ambrol

  • Whatsapp
Polisi memasang garis polisi di sekitar plafon Malioboro Mall yang ambrol, Senin (24/2/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Medialampung.co.id – Plafon Malioboro Mall ambrol disertai air yang tumpah di lantai pertama sisi timur mal pada Senin (24/2/2020) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Beberapa orang dan barang di sekitarnya hanya terkena cipratan air.

Seperti dikutip dari Harianjogja.com, Assistant General Manager Malioboro Mall Ferra Devi mengatakan plafon ambrol sekitar pukul 15.10 WIB. “Sebelum ambrol sudah ada tetesan air yang muncul. Kondisi plafon juga udah mulai seperti melengkung tidak mampu menahan air,” ujarnya.

Bacaan Lainnya


Plafon runtuh karena pipa di lantai ketiga tidak kuat menahan air yang masuk pada saat hujan deras, sehingga pipa terlepas dan air pun menggenang di atas plafon.

Air yang tumpah ini juga masuk ke eskalator di tiga lantai yang berada sangat dekat dengan titik tumpahan. Waktu kejadian, tidak ada pengunjung yang sedang di eskalator. Pengelola mal langsung mematikan eskalator agar tidak terjadi korsleting.

Ia belum bisa menakar kerugian yang dialami mal, tetapi kerusakan yang perlu segera ditangani adalah menyambung kembali pipa, mengganti plafon dan memperbaiki eskalator. “Mal tetap beroperasi seperti biasa, hanya beberapa area yang kita klirkan,” katanya.

Salah satu penjaga gerai pakaian yang berada dekat dengan lokasi kejadian, Oka Dyah Mita, mengatakan ia baru datang ke gerainya setelah plafon ambrol. “Kata yang jaga pagi, tadi di sini sampai banjir, makanya listriknya dimatiin,” ungkapnya.

Beberapa barang dagangan gerai terkena air yang tumpah. Ia menghitung baju dagangannya yang terkena air sekitar 30 potong. Ia berharap pengelola Malioboro Mall segera memperbaiki kerusakan dan memastikan fasilitas mal tidak membahayakan pengunjung maupun pedagang di dalamnya.

Setelah ambrol, lubang pada plafon yang roboh ditutup terpal. Garis polisi dipasang di ketiga eskalator yang untuk sementara tidak bisa digunakan. Seluruh gerai di dalam mal masih buka seperti biasa.

Marketing & Promotion Staff Malioboro Mall Eunike Set Satyarini memprediksi perbaikan akan berlangsung hingga Selasa (25/2). Selama dan sesudah insiden plafon ambrol, Malioboro Mall beroperasi seperti biasa. Para pengunjung tetap dapat mengakses area mal sisi timur melalui eskalator di sisi utara.

Satu-satunya area yang ditutup hanya area eskalator sisi timur. Malioboro Mall berharap kejadian serupa tidak terjadi di masa yang akan datang. “Mal akan terus melakukan maintenance [perawatan] seluruh instalasi gedung supaya para pengunjung merasa aman dan nyaman berkunjung ke Malioboro Mall,” kata dia. (harianjogja/mlo)



Pos terkait