Pleno di KPUD Lambar Alot, Dua Hari Dua Kecamatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, Balikbukit – Rapat pleno rekapitulasi hasil pernghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019, tingkat Kabupaten Lampung Barat, digelar sejak Selasa (30/4) dipusatkan di Aua Kagungan Sekretariat Daerah, namun hingga hari ini baru dua kecamatan tergarap yakni kecamatan Airhitam dan Kecamatan Balikbukit.

Alotnya rapat pleno tingkat kabupaten tersebut disebabkan beberapa persoalan, salah satunya terkait berbedanya data milik KPUD yang diplenokan dengan data milik KPUD. Hal ini membuat, KPUD diharuskan membuka kembali form C1 yang ada di dalam kotak untuk menyesuaikan data.

”Iya, sampai hari ini baru satu setengah kecamatan yang selesai, bisa jadi dua hari ini hanya dua kecamatan,” ungkap Komisioner KPUD Lambar Syarif Ediansyah, saat dikonfirmasi, Rabu (1/5).

Ia mengaku permasalahan perbedaan data menjadi salah satu penyebab alotnya pleno, namun hal ini tentunya akan dicarikan jalan terbaik, sehingga pleno tetap berjalan dengan baik, termasuk melaksanakan rekomendasi dari Bawaslu untuk membuka kembali kotak suara untuk melihat C1.

”Iya, memang ada perbedaan data KPUD dengan data Bawaslu, dan salah satu kuncinya yakni harus kita buka C1 untuk menyesuaikan datanya, dan Alhamdulillah bisa kembali berjalan, dan insha Allah tidak ada perbedaan data lagi, sehingga bisa berjalan dengan baik dan cepat,” kata dia.

Sementara itu, rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten yang di lakukan KPUD Lambar dijaga ketat personel gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri) dari Kodim 0422 LB dan Polres Lambar.

Sebanyak 250 personel diterjunkan guna pengamanan rapat pleno rekapitulasi KPUD Lambar yang dijadwalkan selama 2 hari ini. Rapat sendiri dilaksanakan di Aula Kagungan Pemkab Lambar, Selasa (30/4).

Kapolres Lambar, AKBP Doni Wahyudi Sik bersama Dandim 0442 LB Letkol kav Adri Nurcahyo dalam rangka apel kesiapan pengamanan pleno terbuka KPUD hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 Kabupaten Lambar pengamanan telah di mulai sejak tanggal 17 april yang mulai dari pada saat pencoblosan hingga Penghitungan di TPS, PPS, PPK. Dimana, tanggal 29 telah dilakukan pleno tingkat PPK se Lambar. Selanjutnya, hari ini akan di laksanakan pleno terbuka tingkat kabupaten oleh KPUD Lambar.

”Saya menekankan kepada seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan pleno KPUD benar-benar siap dan waspada terhadap situasi serta kondisi. Dimana personil dituntuntut untuk mengetahui setiap perkembangan agar dapat menjaga kelancaran dalam pelaksanaan selama pleno KPUD. Hal ini, untuk menciptakan situasi yang tertib ,aman dan kondusif,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait