Plt. Kakan Kemenag Maryan Harapkan Siswa Madrasah Baru Berprestasi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kelompok Kerja Madrasah (KKM) se- Kabupaten Lampung Barat serentak menggelar pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun ajaran 2020-2021 di kabupaten setempat, Senin (13/7).

Pembukaan kegiatan Matsama atau masa orientasi dan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru ini  dilakukan melalui Meeting Zoom yang dibuka langsung Plt. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lambar Maryan Hasan M.Pd.I, dan diikuti Kasi Pendidikan Madrasah Firdaus Sabli M.Pd.I, serta Ketua KKM MTs Gunawan Susanto M.Pd. 

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Kemenag Maryan Hasan mengungkapkan bahwa antusias masyarakat untuk mendaftar di sekolah Madrasah terus meningkat. Untuk itu ia menyampaikan ucapan rasa syukur terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap sekolah madrasah di Lambar, namun terkait itu pihaknya mendorong agar pihak sekolah Madrasah terus memberikan pelayanan terbaik. 

“Kepada siswa baru tahun ajaran 2020/2021 kami berharap agar dapat berprestasi dan siap mengharumkan nama besar sekolah Madrasah dan Kementerian Agama Lambar, terjalin kerjasama yang baik antara orang tua wali siswa dengan pihak sekolah,” harapnya. 

Selanjutnya, kepada seluruh siswa baru baik Raudhatul athfal (RA) dan Madrasah Se-Lambar, ia berpesan bahwa belajar merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa dihindari yaitu tholabul ‘ilmi (menuntut ilmu), untuk itu jika didasari dengan kesungguhan maka dapat mengantarkan generasi sekalian menjadi orang yang berakhlakul-karimah dengan dilandasi ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu yang bisa membawa kebahagian baik di dunia maupun di akhirat, 

“Oleh karena itu dalam rangka Matsama ini, kami berharap kepada anak-anak sekalian untuk dapat mengikuti secara seksama pemateri-pemateri yang sudah disiapkan panitia penyelenggara K3 RA, KKM MI, KKM MTs dan KKM MA Se-Kab. Lambar, kita ikuti nasehat, arahan dan pencerahan yang diberikan,” pintanya.

Sementara, Kasi Pendidikan Madrasah Firdaus Sabli mengatakan Masa Ta’aruf  siswa Madrasah, adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Melalui Matsama, diharapkan para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan Madrasah.

“Sehingga keberadaan dari Matsama ini akan menjadi salah satu acuan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya,” terangnya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kegiatan Matsama ini tidak lepas dari Motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag RI, yaitu mencetak generasi “Hebat Dan Bermartabat” generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an.

“Kegiatan Matsama kita gelar melalui tatap muka dengan mengacu surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, tapi untuk jumlahnya dibatasi 50 persen dari total peserta Matsama,” imbuhnya.

Selain itu, terkait ketentuan lain dalam penyelenggaran matsama tahun 2020 diantaranya pelarangan tidak mengarah pada bentuk perpeloncoan dan tindak kekerasan, pelarangan kegiatan dan penggunaan atribut yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran, serta tidak boleh melakukan pemungutan biaya.

“Terkait atribut yang dilarang digunakan dalam pelaksanaan Matsama, mengacu pada lampiran III Permendikbud No.18/2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru,” terangnya.

Materi dalam Matsama tahun 2020 terdiri atas materi umum Kemadrasahan seperti sejarah, tata tertib, struktur, tenaga dan tenaga kependidikan, peserta didik, jurusan atau konsentrasi, kegiatan belajar mengajar, kegiatan dan organisasi kesiswaan, dan prestasi dan alumni Madrasah.(edi/mlo)



Pos terkait