PMI Lambar Beri Bantuan Pos Cuci Tangan dan Perlengkapan PHBS di Lumbokseminung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat, salah satu organisasi yang cukup konsen membantu pemerintah setempat untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Salah satu nya yaitu dengan memberikan bantuan Pos Cuci Tangan.

Ketua PMI Lambar, Edi Novial, Sabtu (29/8), menyerahkan langsung satu unit Pos Cuci Tangan untuk dimanfaatkan di balai Pekon Ujung Kecamatan Lumbokseminung. Hadir mendampingi penyerahan tersebut, Dandim 0422 Lambar, Benny Setiawan, juga Ketua Komunitas trail Jajaran Gudang, Bambang Kusmanto.

Bacaan Lainnya



Penyerahan tersebut tutur pria yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Lambar tersebut, merupakan kegiatan ke delapan, setelah sebelumnya PMI Lambar juga menyerahkan tujuh Pos Cuci Tangan yang tersebar di Kecamatan Sumber Jaya, Kebun Tebu, Air Hitam, dan Way Tenong.  

Kegiatan respon wabah Covid 19 itu jelas Edi, bukan hanya memberikan bantuan Pos Cuci Tangan saja, namun banyak kegiatan yang dilakukan, diantaranya melaksanakan kampanye pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Bantuan ini merupakan  upaya kita dalam membangun kesadaran di kalangan masyarakat Lambar untuk dapat melaksanakan protokol kesehatan, yaitu dengan membudayakan selalu mencuci tangan. Harapannya, masyarakat akan dapat menjaga kesehatan dirinya dan orang yang ada di sekitarnya,” jelas ayah tiga anak itu.

PMI Lambar juga kata Edi lebih lanjut, secara terus menerus melaksanakan kampanye, baik di tingkat masyarakat, juga bagi siswa mulai dari tingkat SD hingga SLTP.

Kampanye protokol kesehatan seperti cara mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker, bekerja saat new normal, dan beberapa materi KIE lainnya, terus dilakukan PMI Lambar untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang apa saja protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat untuk meminimalisir penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten penghasil kopi robusta itu.

Kampanye juga dilaksanakan dengan memanfaatkan keberadaan media sosial serta media elektronik, dengan harapan informasi tentang tata cara menghadapi new normal dapat menyampaikan kepada seluruh kalangan masyarakat Lambar.

Jika masyarakat Lampung Barat semua menerapkan protokol kesehatan tersebut, dirinya memiliki keyakinan bahwa Lambar akan dapat meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.

Sementara itu Patin Ujung, Muslim, mengatakan bahwa masyarakat Pekon Ujung sangat terbantu dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI Lambar bersama dengan Palang Merah Amerika.

Selain Pos Cuci tangan, kata dia, PMI Lambar sudah melakukan pembinaan dan peningkatan SDM Masyarakat setempat sehingga Pekon Ujung menjadi Pekon Tangguh Bencana.

PMI Lambar juga membagikan masker, hand Sanitizer, paket PHBS, juga desinfektan kepada masyarakat Lambar. Para siswa tingkat SD dan SLTP kuga tidak lepas dari sasaran program respon Covid 19 kerjasama PMI dan Palang Merah Amerika itu. (nop/mlo)



Pos terkait