PMI Pesbar Gelar Kegiatan Donor Darah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, menggelar kegiatan bakti sosial donor darah yang dipusatkan di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Pesbar, Jumat (22/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua PMI Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal, Ketua PMI Kabupaten Pesbar, Edy Mukhtar, S.P, Direktur UTD PMI Kotabumi, dr.Aida, serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Ketua PMI Kabupaten Pesbar, Edy Mukhtar, mengatakan kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan oleh PMI itu merupakan yang kali pertama  sejak masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Sehingga, dalam pelaksanaannya diikuti antusias oleh masyarakat dengan berbagai jenis golongan darah yang akan mendonorkan darahnya di PMI.

“Masyarakat yang mendonorkan darahnya ini berasal dari berbagai pihak, dan benar-benar dalam kondisi sehat, artinya kesehatannya tidak terkendala,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan donor darah itu akan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan darah saat berobat dirumah sakit. Sesuai dengan slogan PMI yakni “setetes darah anda, nyawa bagi sesama”. 

Untuk itu dengan adanya aksi kemanusiaan itu mudah-mudahan dapat membantu sesama masyarakat. Terlebih, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi kebiasan masyarakat untuk menyumbangkan darahnya kepada yang membutuhkan.

“Kita juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesehatannya, sehingga bisa rutin melakukan donor darah, karena warga yang biasa mendonorkan darahnya itu minimal dapat melakukannya kembali sekitar tiga bulan sekali,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pesbar diharapkan secara rutin dapat dilaksanakan. Sedangkan, untuk jumlah pendonor pada kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan ini dengan jumlah sekitar 120 pendonor. Selanjutnya, semua kantong darah itu akan dibawa ke UTD PMI Kotabumi.

“Semua kantong darah dari kegiatan bakti sosial donor darah ini akan dibawa ke UTD PMI Kotabumi, sehingga nanti jika ada masyarakat khususnya di Kabupaten Pesbar yang membutuhkan darah di Rumah Sakit, maka kita akan berkoordinasi ke UTD PMI Kotabumi,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait