Pohon Aneh Ditemukan Tumbuh di Basungan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Aneh tapi nyata, ditemukan dua pohon randu yang tubuh subur di Pekon Basungan, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), memiliki keterkaitan akar sehingga terkesan dua pohon satu akar. 

Keanehan pohon tersebut, menuai perhatian banyak orang termasuk anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), yang mengabadikan fenomena tersebut dan diunggah ke akun youtube-nya. 

“Memang aneh, ada dua pohon yang berdekatan yang jaraknya sekitar Dua meter, tapi akarnya nyatu. Akar yang menjadi nyawa dua pohon itu saling saling terkait, yang membuat keanehan dan bentuknya jadi unik,” ungkap Basuni Anggota Satpol-PP, Pemkab Lambar.

Dijelaskan dengan keterkaitan akar tersebut, juga menjadikan dua pohon itu menjadi lebih kokoh. “Penemuan ini cukup aneh seolah-olah akar dua pohon ini distek, tapi hal itu tidak mungkin karena jaraknya yang terlampau jauh. Ini sungguh satu fenomena alam,” ujarnya.

Pihaknya menganjurkan supaya pohon tersebut dirawat, agar masyarakat yang penasaran dapat melihat langsung keberadaannya. “Ini bisa jadi tempat wisata,” sebut dia.

Terpisah disampaikan Peratin Basungan Wirianto, kayu tersebut dinamakan warga setempat kayu gerbang, dan kepemilikannya punya Almarhum Triyono. 

“Kayu ini kami sebut kayu gerbang, dan ada cerita mistisnya. Tapi saya belum bisa menceritakan sebelum saya minta izin dengan pemilik lahan,” ungkapnya.

Namun pihaknya menyebutkan kayu itu hanya berjarak sekitar 100 meter dari balai pekon. (r1n/mlo)




Pos terkait