Pohon Tumbang Akibatkan Jaringan Listrik Terputus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengakibatkan satu pohon tumbang hingga mengenai jaringan listrik di Pekon Kegeringan Kecamatan Batubrak, Selasa (12/11), sekira pukul 15.00 WIB.

Akibat pohon tumbang tersebut, listrik di sebagian wilayah seperti di Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Batubrak dan wilayah Kabupaten Pesisir Barat mengalami pemadaman total.

Bacaan Lainnya



Manager PT PLN Rayon Liwa, Ahmad Royhan, membenarkan peristiwa tersebut, saat ini petugas teknis masih melakukan pembersihan ranting pohon sekaligus memperbaiki kabel jaringan listrik tegangan menengah tersebut.

“Sekarang masih dalam proses recovery (perbaikan), kami usahakan secepatnya normal kembali, dengan estimasi waktu sekitar satu jam, karena pohon yang tumbang berukuran cukup besar dan ada beberapa jaringan yang putus,” kata Royhan.

Atas kejadian ini, pihaknya berharap kepada masyarakat agar tidak menanam pohon dekat dengan jaringan listrik, hal itu untuk mengantisipasi agar hal serupa tidak terulang.

“Apabila ada pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik harapan kami masyarakat mengizinkan petugas melakukan pemangkasan karena salah satu dampak negatifnya seperti ini,” kata dia.

Sementara itu, Peratin Pekon Kegeringan Sofyan Hadi, mengatakan akibat peristiwa pohon tumbang itu, arus lalulintas dua arah  sempat mengalami kemacetan cukup panjang. Namun berkat upaya warga, bersama Tim Badan Penanggulangan Bencana Daeran ((BPBD) dan Satpol PP Lambar akhirnya pohon tumbang tersebut berhasil di singkirkan.

“Kejadian ini terjadi ditengah guyuran hujan deras, sempat  menimbulkan kemacetan panjang, tapi kini kayu berhasil kita evakuasi dan arus lalulintas sudah kembali lancar,” kata dia.(edi/mlo)



Pos terkait