Pohon Tumbang Timpa Kabel Listrik di Jalur Sukabumi–Suoh 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik di wilayah tersebut, Kamis dini hari (25/6).

Meski diameter pohon tidak terlalu besar, namun kondisi itu sempat mengganggu lalu lintas kendaraan dan mengakibatkan listrik di sekitar lokasi padam. Anggota TNI- Polri, Petugas PLN, Aparat Pekon serta masyarakat pun langsung turun melakukan gotong royong untuk membersihkan dahan pohon. 

Bacaan Lainnya


Peratin Sukabumi Marwan mengatakan, akibat hujan deras disertai angin kencang pada dini hari Kamis (25/6) mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa kabel listrik sehingga listrik di wilayah tersebut padam. 

“Kondisi itu sangat membahayakan masyarakat terutama pengguna jalan cemas, untuk itu kita berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan petugas PLN untuk bergotong royong membersihkan dahan pohon serta memperbaiki jalur listrik yang ambruk,” kata dia. 

Khususnya di jalur Sukabumi–Suoh, pihaknya menghimbau masyarakat agar selalu waspada, karena selain pohon tumbang, bencana longsor juga sangat rentan terjadi terutama di tengah kondisi cuaca hujan disertai angin kencang.

“Kami menghimbau masyarakat terutama pengguna jalan selalu waspada, mengingat jalur Sukabumi-Suoh berada berada bawah bibir tebing yang tentunya sangat rawan terjadi longsor,” imbuhnya.

Sementara, anggota Babinsa Koramil 422-07/Batubrak Serma Marji, mengatakan, gotong royong ini juga dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat khususnya Pekon Sukabumi guna menumbuhkan rasa kebersamaan yang saat ini sudah mulai luntur.

“Dibalik kejadian ini ada hikmahnya dimana masyarakat dapat bergotong royong membantu perbaikan, kita berharap kebersamaan ini dapat terus terjalin sehingga apa yang menjadi persoalan terutama dalam hal kebencanaan dapat tertanggulangi,” harapnya.

Terpisah, manager PT PLN Rayon Liwa Muhammad Roihan mengatakan, pihaknya berharap masyarakat cepat menyampaikan informasi apabila terjadi gangguan listrik baik akibat bencana pohon tumbang maupun longsor. Hal itu agar proses penormalan jaringan dapat segera dilakukan.

“Seperti kejadian pohon tumbang ini, masyarakat cepat menyampaikan informasi perihal adanya gangguan, sehingga tidak perlu menunggu lama dan petugas kita langsung bergerak melakukan perbaikan guna menghindari hal-hal yang dapat membahayakan pengguna jalan,” tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait