Poktan Bintingjaya Budidaya Lebah Klanceng

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Penengahan, Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui kelompok tani Bintingjaya mulai membudidayakan lebah klanceng atau gegala untuk memproduksi madu.

Peratin Penengahan, Yasir Arfat., mengatakan produksi madu dari budidaya lebah klanceng itu telah dilaksanakan sejak tiga bulan terakhir, dimana dalam panen perdana kelompok Bintingjaya berhasil mendapatkan madu sebanyak tiga liter.

Bacaan Lainnya


“Dalam panen perdana yang dilakukan, kelompok Bintingjaya berhasil mengumpulkan madu sebanyak tiga liter, jumlah itu diperoleh dari 34 tempat budidaya,” kata dia.

Dijelaskannya, melihat perkembangan budidaya madu klanceng itu, pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan pendapatan anggota kelompok.

“Kita sangat mendukung kegiatan budidaya lebah klanceng untuk menghasilkan madu itu, karena prospek kedepan sangat menjanjikan, apalagi sejauh ini belum ada kendala dalam pembudidayaannya,” jelasnya.

Menurutnya, madu hasil budidaya lebah klanceng tersebut saat ini masih untuk memenuhi kebutuhan anggota kelompok, belum sampai diperjualbelikan karena hasil panen juga belum maksimal.

“Kita akan upayakan penjualan madu klanceng itu pada bulan depan, karena berdasarkan perkiraan madu hasil budidaya bulan ini bisa meningkat dari beberapa bulan sebelumnya,” terangnya.

Ditambahkannya, panen madu hasil budidaya lebah klanceng itu berkisar antara dua pekan hingga satu bulan, namun untuk menghasilkan madu yang banyak harus menunggu hingga satu bulan.

“Sebenarnya dalam kurun waktu dua pekan sudah bisa dipanen, tapi jumlahnya belum terlalu banyak, jadi diperkirakan akan dipanen setiap satu bulan sekali di masing-masing tempat budidaya,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait