Polda dan Polres Lambar Sambangi Tokoh

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Waka Polres Lampung Barat (Lambar) Kompol Vicky Dzulkarnain dan Kasat Binmas Iptu Suherman turut mendampingi Kasubdit Polmas Polda Lampung AKBP Sukandar, SH, MH., melakukan kegiatan Sambang dan Koordinasi oleh BINMAS Polda Lampung kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Pemuda terkait Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar) Kamtibmas yang di laksanakan di Pondok Cendekia, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balikbukit.

Kegiatan tersebut mengusung tema melalui sambang potensi masyarakat kita pelihara dan tingkatkan peran serta Masyarakat dalam menjaga dan memelihara kamtibmas serta ke utuhan NKRI’.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Kasubdit Polmas Polda Lampung AKBP Sukandar mengucapkan terimakasih kepada ketua MUI karena sudah direpotkan pada kegiatan ini serta menyampaikan maksud kedatangannya dalam rangka Sambang Potmas antara Kelompok masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara Kamtibmas Keutuhan NKRI.

“Situasi di wilayah hukum Polres Lampung Barat ini aman, tentram, sejuk dan dingin. Aman dan tentram itu mahal dan kita jangan terlena dengan situasi yang aman karena bisa saja terjadi konflik yang tak terduga, terutama dengan penyalahgunaan narkoba, karena narkoba bisa merusak pikiran yang kemudian bisa mendorong pelakunya untuk melakukan tindakan kriminal, seperti merampok dan mencuri,” ujarnya.

Dari itu, kata dia, harus selalu terjalin kerjasama antara polisi dengan masyarakat. “Terkait pencegahan terorisme, jika ada orang baru yang mencurigakan diimbau untuk segera melaporkannya kepada RT, kalaupun ada yang mencurigakan jangan bertindak sendiri, tapi segera laporkan kepada ketua MUI, selain itu diharapkan kepada Polres Lampung Barat untuk Kembali Membentuk Pokdar di Kabupaten Lambar,” terang AKBP Sukandar.

Sementara Wakapolres Lambar Kompol Vicky Dzulkarnain, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan dari Dit Binmas Polda Lampung. “Sebelum memasuki ranah Pokdar saya menghimbau kepada masyarakat untuk memerangi narkoba, kalaupun belum pernah coba maka jangan pernah mencoba, mulailah dari diri kita dan lingkungan masing-masing,” ucapnya.

“Bisa jadi perangkat ini kita buat berdasarkan MM (Musyawarah Mufakat) nanti kita coba undang Kesbangpol dan Forkopimda, lembaga lembaga yang kompeten seperti MUI dan FKUB, mungkin dalam waktu minggu ini kita undang ke Polres untuk membentuk POKDAR, pesannya setelah terbentuk langsung kita susun Program tahunan, bulanan, harian, dari tingkat kabupaten turun ke tingkat Kecamatan dan sampai ke tingkat Pekon,” kata dia.

Ketua MUI Lampung Barat H. Ja’far Sodiq, M.Si, menyampaikan dengan diadakan kegiatan silaturahmi ini mudah-mudahan bisa mempererat dan jalinan kerjasama yang lebih baik, dan mengenai Pokdar tersebut ia berharap agar secepatnya terbentuk.

“Saya pribadi mengucapkan terimakasih telah diberikan kepercayaan untuk menyediakan tempat. Kami yang mewakili dari kawan-kawan ulama, mendukung Program ini. Harapannya kita kedepan bisa bersama-sama melakukan tujuan yang kita dengan melakukan sinergitas yang erat. Kami dari MUI sangat berharap kalau seandainya ada pengajian rutin yang dikaji itu kitab apa, ini untuk lebih mudah melakukan deteksinya berkaitan dengan program Pokdar kalau dari sisi keamanan mungkin bisa melakukan ronda, kalau dari sisi lain mungkin bisa kita lakukan dengan melakukan deteksi dini terhadap kegiatan keagamaan,” ucap Jafar.

Sekedar diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut Kasubdit Polmas Polda Lampung AKBP Sukandar, SH., MH., Wakapolres Lambar Kompol Vicky Dzulkarnain, Paur Bag OPS Annev, Dit Binmas Polda Lampung Iptu Nasrun Hasmir, Kasat Binmas Polres Lambar Iptu Suherman, SH., Ketua MUI Lambar H. Ja’far Sodiq, M.Si., Ketua FKUB Lambar Abdul Rosyid, S.Ag., Kapolsek Balik Bukit Iptu Samsul Bahri, Lurah Way Mengaku Juwarsyah, S.I.P., M.M., Ketua MBI Lambar Hendri Purna Irawan, Sekertaris Paroki Santo Theodorus Yohanes Sugiarto, Kanit Binmas Polsek Balik Bukit Ipda Sabtudin, Binda Lambar Deni Permadi, Perwakilan Toga, Tomas, Todat, dan Toda Kabupaten Lambar serta tamu undangan lainya sebanyak 50 orang. (nop/mlo)



Pos terkait