Poli Rawat Jalan Puskesmas Tutup, IGD Buka 24 Jam

Kepala Dinas Kesehatan Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat memastikan bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat selama libur dan cuti bersama lebaran hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah tetap berjalan.

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, pelayanan di puskesmas tetap buka selama libur dan cuti bersama yang berlangsung dari tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022, namun pelayanan hanya dibuka bagi pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD). 

Bacaan Lainnya


“Sementara untuk pelayanan bagi pasien Poly rawat jalan selama libur dan cuti bersama ini ditutup,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Hanya saja, pelayanan IGD tetap buka 24 jam pada keadaan emergency atau kegawatdaruratan medis. Untuk obat penyakit kronis dapat diambil di depo obat IGD sesuai resep dengan membawa kartu identitas JKN/KIS, resep atau copy resep obat.

“Untuk peserta JKN-KIS yang bukan dalam keadaan kegawatdaruratan medis agar tetap melalui prosedur pada masing- masing Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) baik di Puskesmas maupun Klinik di tempat peserta terdaftar,” imbuhnya

Pasien kecelakaan lalulintas (Lakalantas) menjadi pasien yang mendominasi pada saat lebaran hari raya idul fitri setiap tahunnya. Selain itu pasien-pasien dengan keluhan penyakit menahun. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera memeriksakan kesehatannya di fasilitas kesehatan terdekat  ketika merasakan keluhan pada kesehatannya, sehingga bisa segera dilakukan penanganan, petugas kami standby 24 jam,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait