Polisi-BPBD Bersihkan Pohon Tumbang di Jalinbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Jajaran Polsek Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), bersama tim gabungan yang terdiri dari anggota Polisi Kehutanan (Polhut) dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar membersihkan pohon tumbang di jalan lintas barat (jalinbar) KM 142 kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Kamis (2/1).

Kapolsek Bengkunat, Iptu Ono Karyono, S.H, M.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H., mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bersama tim gabungan sekitar pukul 12.30 WIB itu sebagai upaya untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna jalan yang melintas di wilayah Pesbar.

Bacaan Lainnya



“Karena kalau tidak segera dibersihkan, pohon tumbang yang menghalangi badan jalan itu mengganggu kelancaran lalulintas. Meski belum sempat terjadi kemacetan tapi itu harus diantisipasi sedini mungkin,” katanya.

Menurut Ono, kegiatan yang melibatkan tujuh personel Polsek Bengkunat, dua personel Polhut dan lima petugas BPBD Pesbar dengan menggunakan mesin chain show dan peralatan lainnya itu berlangsung dengan kondusif dan tidak terkendala, sehingga kini arus lalulintas di wilayah itu sudah berjalan lancar tanpa hambatan.

“Meski begitu kita juga mengimbau pengguna jalan yang melintasi kawasan hutan TNBBS baik dari arah Krui tujuan Tanggamus atau sebaliknya agar tetap waspada,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala BPBD Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan bahwa pada musim penghujan terutama yang disertai angin kencang, pohon tumbang masih cukup rentan terjadi disepanjang jalan raya yang melintasi kawasan hutan baik di wilayah Bangkunat, Way Krui dan wilayah lainnya di Kabupaten setempat.

Sehingga kondisi itu harus tetap diwaspadai oleh pengguna jalan yang melintas dengan kendaraannya. Selain itu juga kepada warga yang rumahnya dekat dengan  kawasan hutan pun harus tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi pohon tumbang.

“BPBD Pesbar akan terus berupaya cepat tanggap jika terjadi pohon tumbang yang mengganggu pengguna jalan dan berdampak terhadap masyarakat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait