Polisi Menolong Pencuri, Alasannya Bikin Terharu

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kalau lebih beri memberi, kalau kurang tambah menambah. Pepatah ini agaknya tepat untuk menggambarkan seorang polisi di Pekalongan yang tak jadi menangkap pria penjual es gepeng yang mencuri sekotak susu.

Seorang warganet dengan nama akun @black__valley1 membagikan cerita tersebut lewat sebuah video di Twitter. Dalam video berdurasi 1 menit 29 detik itu, tampak seorang polisi muda berkaus kuning tengah menegur seorang pria yang kedapatan mencuri sekotak susu.

Bacaan Lainnya


“Seorang bapak penjual es gepeng keliling nekat mencuri 1 kotak susu bayi SGM yang harganya Rp 37 ribu di Kuripan Lor, Pekalongan Selatan. Sebetulnya, dia niat untuk membeli susu namun uangnya kurang, akhirnya dia nekat memasukkan susunya ke [dalam] bajunya,” tulis akun @black_valley1 di Twitter.

Rupanya, pria tersebut memang tak ada niat untuk mencuri. Makanya, susu yang ia sembunyikan di dalam baju ketahuan oleh petugas. Tak disangka, seorang polisi yang masih mengenakan seragam olahraga berwarna kuning tengah mampir ke minimarket. Sontak, saat melihat kejadian tersebut, ia berniat membawa sang pria penjual es ke kantor polisi untuk diproses. Namun, ia urung melakukannya karena mendengar cerita yang menyesakkan dada.

“Saya khilaf pak, serius. Tadi mbaknya [petugas minimarket] bilang pada saya, kok buat makan anak dikasih barang curian? Setelah itu saya berpikir pak, saya salah,” ujar pria penjual es.

Polisi pun sempat memperingatkan si pria penjual es, jika sampai tak menemukan ada anak kecil di rumahnya, ia bakal membawanya ke kantor polisi.  Sesampainya di rumah, ternyata pria tersebut mengatakan yang sejujurnya. Seorang bayi lucu tengah terlentang di atas kasur sebuah kamar yang terlihat kumuh.

“Jangan pergi dulu kamu. Ini buat anak kamu,” kata polisi. Ia memberikan sekotak susu kepada pria tersebut.

Video itu lantas menjadi viral di media sosial. Banyak warganet yang memuji tindakan pak polisi.

“Sedih banget ya Allah. Kadang memang perjuangan orang tua untuk anak sebegitunya. Untung ketemunya sama polisi yang bijaksana,” tulis akun @gatauusyapa di kolom reply.

“Semoga banyak polisi-polisi kita yang seperti bapak itu ya,” tulis @rachma1991. (suaracom/mlo)



Pos terkait