Polisi Putar Balik Kendaraan Para Wisatawan di Jalur Liwa-Krui 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna mengantisipasi lonjakan pengunjung yang hendak berwisata ke Kabupaten Pesisir Barat, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Lampung Barat memutarbalikan ratusan kendaraan pada puncak libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah tepatnya H+3, Minggu (16/5).

Kasat Lantas AKP Bambang Dwi Setyawan, S.H, mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.I.K, M.H, mengatakan, kegiatan penyekatan jalur bagi para wisatawan tersebut dipusatkan di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit dan Pal 8 Labuhan Mandi. 

Bacaan Lainnya


“Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran wabah Covid-19, karena di puncak lebaran ini kunjungan wisatawan terus meningkat sehingga mengakibatkan kerumunan yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19,” kata Bambang.

Dalam kesempatan itu, Bambang meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak pergi ke lokasi wisata guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 dan Untuk wisatawan yang terlanjur tiba diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan.

“Mari kita dukung kebijakan pemerintah ini. Semua itu kita lakukan untuk kebaikan bersama serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir,” pintanya. 

Sementara itu terkait kegiatan penyekatan kendaraan pemudik, ia menambahkan kegiatan operasi  yang dilaksanakan oleh Tim Gabungan yang tergabung dalam Satuan Tugas Satgas Penanggulangan Covid-19 terdiri TNI-Polri, tenaga kesehatan, Satpol-PP, Tagana, pramuka, serta petugas lainnya tersebut akan berlangsung hingga Senin (17/5).

“Penyekatan kendaraan pemudik juga mulai diberlakukan, dalam operasi ini kita memantau dan memeriksa setiap kendaraan yang masuk, apabila ada potensi kendaraan yang mudik kita minta putar balik karena itu sesuai keputusan pemerintah yang melarang masyarakat mudik untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 yang saat ini masih terjadi,” tambahnya.

Ia menyampaikan bahwa setiap pengendara yang masuk ke Lambar harus melewati pos penyekatan untuk dimintai surat-surat kendaraannya, ditanya tujuan perjalanannya, termasuk beberapa diantaranya diminta menjalani swab atau pemeriksaan Covid-19.

“Sejauh ini  situasi arus lalulintas berjalan dengan aman dan lancar dan seluruh petugas turut memberikan sosialisasi bagi pengguna jalan agar menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (edi/mlo)




Pos terkait