Polisi Ringkus Tersangka Pemerasan Sopir Truk di Jalinsum Waykanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satreskrim Polres Waykanan berhasil meringkus RA (32) seorang warga Kampung Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan yang diduga melakukan pemerasan dengan kekerasan kepada seorang sopir truk colt diesel di Jalinsum, Kampung Banjarmasin Kecamatan Baradatu Kabupaten Waykanan. Rabu (3/3), 

Kapolres Waykanan AKBP Binsar manurung melalui Kasat reskrim IPTU Des Herison Syahputra, SH., menerangkan, pada hari Sabtu (161) sekitar pukul 04:15 WIB, korban Renaldi (21) warga Jalan Jenderal Suprapto Kecamatan Enggal Kota Bandarlampung sedang mengendarai mobil truk colt diesel bersama Alfian dari Bandarlampung dengan tujuan ke Blambangan Umpu Kabupaten Waykanan. 

Bacaan Lainnya


Saat tiba di Jalan Lintas Sumatera Banjarmasin Kecamatan Baradatu Kabupaten Waykanan tiba-tiba datang dari arah belakang dua orang laki-laki yang tidak dikenal mengendarai sepeda motor jenis Suzuki Smash Titan warna merah dan langsung memberhentikan korban. 

Setelah itu, satu orang pelaku menyuruh turun dan langsung menarik baju korban di bagian leher dengan mengancam menggunakan senjata tajam jenis pisau, modusnya pelaku meminta agar korban membayar uang ganti rugi sebesar Rp. 1. Juta rupiah dengan alasan bahwa sudah menyerempet kendaraan pelaku sehingga motor mengalami lecet di bagian spakbor depan bagian kanan dan body sayap bagian kanan serta handphone mengalami pecah pada tempered glass. 

Sementara korban berusaha menjelaskan bahwa selama diperjalanan tidak pernah merasa melihat ataupun menyerempet pelaku, namun pelaku tetap meminta ganti rugi dengan melakukan pengancaman akan menusuk korban menggunakan pisau. 

Karena merasa takut dan terancam jiwanya korban lalu memberikan uang kepada pelaku senilai Rp. 1 juta dengan cara pertama Rp. 500 Ribu saat di lokasi dan sisa kekurangannya Renaldi meminta orang tuanya untuk mentransfer uang Rp. 500 Ribu ke rekening BRI milik Pelaku RA dengan nomor rekening 5651 1X 1XX 1XX 4XXXX. Atas kejadian tersebut korban selanjutnya melaporkannya ke Polres Waykanan. 

Kronologis penangkapan pada hari Jumat pada tanggal 26 Februari 2021 tim Tekab 308 Satreskrim Polres Waykanan mendapatkan informasi dari warga tentang keberadaan pelaku di wilayah Kampung Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan.

Petugas yang mendapat informasi melakukan penyelidikan dan sampai di lokasi berhasil mengamankan pelaku tanpa perlawanan, yang mana pelaku juga merupakan Target Operasi dari Operasi Cempaka Krakatau 2021 Polres Waykanan. 

Dari tersangka petugas mengamankan barang bukti berupa satu buah buku rekening Bank BRI inisial RA, satu lembar ATM Bank BRI, satu lembar KTP atas nama berinisial RA dan satu unit HP android Merk OPPO . 

Selanjutnya pelaku dan barang bukti langsung diamankan dan dibawa ke Polres Waykanan guna pemeriksaan lebih lanjut. 

“Pelaku akan dijerat dengan pasal 368 KUHP, tentang pemerasan dan ancaman dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun,“ ungkap IPTU Des Herison.(wk1/mlo)




Pos terkait