Polres Lambar Razia Truk ODOL di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Jajaran unit pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli (Turjawali) Satlantas Polres Lampung Barat (Lambar), menggelar razia kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4), terutama kendaraan yang bermuatan lebih atau Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) di jalan lintas barat (jalinbar) tepatnya di Pekon Pelitajaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Rabu (8/1).

Kasatlantas Polres Lambar, Iptu Raphiq, mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H., melalui Kanit Turjawali Ipda Juni R, mengatakan, razia kendaraan yang itu adalah kegiatan rutin. Selain razia kendaraan muatan berlebih juga untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kejahatan seperti C3 (Curas, Curat dan Curanmor) dan peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Lambar, termasuk salah satunya di Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya



“Kita mengimbau pengguna kendaraan  R2 dan R4 untuk tetap mematuhi aturan dan tertib berlalulintas seperti mengenakan helm, sabuk pengaman dan kelengkapan lainnya,” katanya.

Ditambahkannya, warga ketika berkendara di jalan raya harus membawa kelengkapan surat-surat kendaraan. Sementara itu, untuk razia kendaran ODOL yang melibatkan delapan personil Satlantas itu berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Keberadaan truk dan fuso yang membawa muatan berlebih, selain melanggar batas muatan juga dinilai cukup membahayakan pengguna jalan lainnya,” jelasnya.

Masih kata Juni, untuk kendaraan yang membawa muatan tidak sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada atau bermuatan lebih itu dilakukan penindakan berupa tilang serta teguran. Sementara untuk kendaraan ODOL yang di tilang ada dua kendaraan dan yang diberikan sanksi teguran ada satu kendaraan. Mudah-mudahan kedepan kendaran angkutan barang yang melintas di ruas jalinbar disepanjang Kabupaten Pesbar agar mematuhi aturan.

“Terlebih jalinbar ini merupakan salah satu ruas jalan penghubung Provinsi Lampung dengan Bengkulu. Tidak menutup kemungkinan banyak kendaran bermuatan lebih yang nekat melintas di jalur ini,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait