Polres Lamtim Siap Amankan Pilkada

  • Whatsapp
Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa di Polres Lamtim

Medialampung.co.id – Polres Lampung Timur menggelar simulasi pengamanan aksi unjuk rasa, Selasa (28/7).

Simulasi yang digelar halaman Polres Lamtim itu dihadiri Direktur Samapta Polda Lampung Kombes Bambang Ponco Sutiarso.

Bacaan Lainnya



Simulasi diawali dengan kesiapan personil Sabhara mengamankan aksi unjuk rasa warga yang menuntut hak atas tanah yang dikuasai salah satu perusahaan. Pada pengamanan itu, personil mencoba melakukan negosiasi agar aksi dilakukan secara damai.

Namun, masa yang tidak bersedia negosiasi dan nekat bertindak anarkis. Menghadapi aksi massa yang anarkis, Polres Lamtim menurunkan personil untuk melakukan penebalan pasukan. Karena masa semakin tak terkendali, Polres Lamtim menyiram masa dengan water canon. 

Tapi masa tetap berusaha menembus barikade petugas. Akhirnya, Polres Lamtim menurunkan tim Samapta lanjutan dan melepaskan tembakan peringatan. Karena masa semakin beringas, petugas melepaskan tembakan dengan peluru karet. 

Melihat ketegasan petugas, masa langsung membubarkan diri.

Kombes Bambang Ponco Sutiarso menjelaskan, simulasi itu merupakan rangkaian perlombaan Samapta di jajaran Polda Lampung.

Menurutnya, lomba Samapta ini juga dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah.

“Dari pengamatan kami, simulasi yang digelar Polres Lamtim bagus. Sebab, personilnya terlihat sudah siap, kompak dan solid,” jelas Kombes Bambang didampingi Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan. 

Karenanya, Kombes Bambang optimis personil Polres Lamtim telah siap mengamankan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati, 9 Desember 2020 mendatang.

Kesempatan yang sama Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan menjelaskan, meski tidak untuk kegiatan perlombaan, jajarannya rutin menggelar latihan pengamanan aksi unjuk rasa.

Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya kontijensi atau aksi unjuk rasa yang tak terkendali. Terlebih dalam waktu dekat ini, Lamtim akan melaksanakan Pilbup. Karenanya, Polres Lamtim telah melakukan persiapan pengamanan sejak awal.

“Dengan adanya persiapan sejak awal, maka saat dibutuhkan personil benar-benar sudah siap,” terang AKBP Wawan Setiawan. (wid/mlo)



Pos terkait