Polres Waykanan Gelar Operasi Yustisi di Jalinsum

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Polres Waykanan memberikan himbauan kepada pengemudi kendaraan yang melintas di Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera) SP4 Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Waykanan, Jumat (27/8)

Dalam pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Kanit Turjawali Ipda Untung Pribadi bersama personel Sat Lantas dan Sat Sabhara Polres Waykanan melaksanakan kegiatan operasi yustisi. 

Bacaan Lainnya

Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung melalui Kanit Turjawali menyampaikan, selain melaksanakan kegiatan operasi Yustisi pihaknya juga memberikan edukasi peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan kepada pengguna jalan.

“Terhadap pengemudi yang kedapatan tidak menggunakan masker, petugas langsung memberikan teguran dan membagikan masker serta dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19, sementara dalam rangka menjaga situasi Kamseltibcar Lantas yang lancar, aman dan kondusif, petugas juga membagikan selebaran tertib lalu lintas kepada pengguna jalan agar mematuhi setiap rambu lalu lintas dan menghormati pengguna jalan yang lain,” ujar Ipda Untung Pribadi.

Selain itu, lanjut Untung, dengan kegiatan tersebut ia berharap mampu mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas, laka lantas dan penyebaran Covid-19.

“Dari beberapa kasus lakalantas yang ada sedikit sekali yang disebabkan oleh kendaraan yang sudah tidak layak melainkan karena human error, terlalu ngebut, dan atau tidak pakai helm, ada pula yang disebabkan karena kerusakan jalan, jadi operasi yustisi ini tujuan utamanya adalah agar masyarakat dapat memahami apa saja yang harus ia persiapkan dan lakukan saat akan membawa kendaraan dan berada di jalan raya,” imbuhnya. 

Sementara itu, Adi Pran, salah satu pengemudi sepeda motor yang terjaring dalam operasi, mengapresiasi para petugas yang telah bekerja keras mendorong perubahan perilaku masyarakat dengan mensosialisasikan kebiasaan protokol kesehatan 5M dalam kehidupan sehari-hari, karena memang terkadang pengendara suka lalai dan tidak pakai helm, ataupun terlalu cepat memacu kendaraan sehingga terjadi kecelakaan. 

“Saya pribadi sangat berterima kasih distop oleh Anggota yang melakukan operasi ini, karena memang tadi saya terburu buru jadi lupa bawa masker, padahal saya akan ke kantor, ini penting dilakukan, saat di tengah pandemi Covid-19 agar tidak menyebabkan lonjakan penularan Covid-19,” ujar Adi Pran.(sah/mlo)


Pos terkait