Polres Waykanan Gelar Silaturahmi dengan Pokdar Kamtibmas

  • Whatsapp
Kapolres Way Kanan AKBP binsar Manurung berfoto bersama pengurus pokdar Kamtibmas Way Kanan setelah menggelar pertemuan di aula Adi Pradana Polres Way Kanan, Jumat (13/3) siang.

Medialampung.co.id – Polres Waykanan menggelar silaturahmi dengan pengurus pokdar kamtibmas setempat di aula Adhi Pradana Polres Waykanan. Jum’at (13/3).

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung tersebut dihadiri oleh Wakapolres Waykanan Kompol Fanny Indrawan, Kasatbinmas, anggota Satbinmas Polres Waykanan. 

Bacaan Lainnya



Kapolres Waykanan menyatakan bahwa, Pokdar kamtibmas tak lain merupakan sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia.

“Kepolisian Jepang juga dinilai telah berhasil melakukan reformasi di dalam tubuh organisasinya terutama merubah mindset dan culture set dengan menerapkan strategi Polmas (Community Policing) melalui optimalisasi peran polisi berupaya meraih kepercayaan masyarakat dengan mengedepankan setiap petugas untuk melakukan kegiatan kegiatan kunjungan, patroli, TPTKP dan Problem solving, sistem ini diterapkan di Kepolisian kita,” ujar AKBP Binsar Manurung.

Lebih jauh Kapolres menambahkan, pokdar merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat, yang juga memiliki pengaruh yang lebih besar diimbangi dengan peran Bhabinkamtibmas guna hadir ditengah masyarakat sehingga melebur menjadi satu.

“Sebagai warga baru di Waykanan (Kapolres baru *red), mohon titip diri dan dukungan masyarakat untuk meningkatkan jaringan komunikasi supaya jika ada gejolak gangguan kamtibmas bisa dicegah secara dini, melalui pokdar yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. Tanpa masyarakat tidak akan ada Polri dan tanpa Polri proses-proses dalam masyarakat tidak akan berjalan dengan lancar dan produktif,” imbuh Binsar

Selain itu, Binsar berharap kedepan dapat mengenal pokdar lebih dekat sehingga tidak ada jarak, dan Kamtibmas di Kabupaten Waykanan semakin baik.

Terpisah, Ketua pokdar kamtibmas Waykanan Hi. Abud Nursihab menerangkan bila kelompok sadar kamtibmas di Waykanan terdapat 27 orang yang tergabung dari seluruh elemen masyarakat.

“Anggota Pokdar. Kamtibmas Waykanan berasal dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, praktisi hukum, akademisi siap menjadi mitra Polri dalam menciptakan dan menjaga kamtibmas di Waykanan,” ujar Hi. Abud Nursihab.(wk1/mlo)



Pos terkait