Porbi Bantu Petani Argomulyo Tanggulangi Hama Babi Hutan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Persatuan Olahraga Berburu Babi (Porbi) gabungan dari sejumlah daerah membantu petani di Pekon Argomulyo, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat menanggulangi hama babi yang kerap merusak tanaman petani di wilayah setempat, Selasa (21/9). 

Peratin Pekon Argomulyo Harjan, melalui Juru Tulis Maksum mengatakan, kegiatan berburu hama babi tersebut difasilitasi oleh pemerintah pekon untuk membantu mengatasi hama babi yang kerap merusak tanaman di kebun warga. 

Bacaan Lainnya

“Hewan ini masuk kategori hama pengganggu dan keberadaannya sangat meresahkan petani, untuk itu kami sengaja mengundang porbi untuk melakukan perburuan agar populasinya terjaga dan jumlahnya tidak terus bertambah,” ujar Maksum.

Ditambahkannya, kelompok pemburu yang tergabung dalam porbi tersebut selalu siap untuk membantu petani memberantas hama babi liar, namun sebelumnya dilakukan perburuan, warga diminta agar lebih dulu mengandangkan hewan ternaknya untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan. 

“Mereka selalu siap membantu sepanjang ada permintaan dari masyarakat dan pemerintah pekon, karena perburuan menggunakan ratusan anjing ini lebih efektif untuk memberantas hama babi hutan sehingga petani merasa aman,” imbuhnya.

Sementara, Saklan salah seorang petani di wilayah setempat mangaku babi hutan memang menjadi musuh bagi petani, karena kehadirannya kerap merusak tanaman.

“Sejumlah tanaman seperti pisang, ubi serta maupun tanaman jenis umbian lainnya terkadang baru mau di panen sudah banyak rusak dimakan oleh babi. Bahkan ada yang baru ditanam langsung digali sama oleh kawanan babi liar ini,” pungkasnya seraya menambahkan bahwa kawanan kawanan babi liar tersebut turun gunung akibat persedian makanan di dalam hutan kemungkinan sudah menipis.(edi/mlo)


Pos terkait