Positif Covid-19 di Tanggamus Bertambah Tiga Kasus Baru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ada  penambahan tiga kasus baru Covid-19 di Tanggamus, dua menjalani isolasi mandiri dan satu pasien dirawat di rumah sakit.

“Ada penambahan tiga kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tanggamus, penambahan kasus ini merupakan kasus baru,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabur Tanggamus dr Eka Priyanto melalui keterangan tertulis. 

Bacaan Lainnya

Ketiga pasien diidentifikasi dengan nomor 655, laki-laki berusia 21 tahun, alamat Pekon Way Liwok, Kecamatan Wonosobo.Pasien 656, laki-laki berusia 25 tahun, alamat jalan Ir H Juanda, Pekon Terbaya, Kecamatan Kota Agung. Lalu pasien 657 perempuan usia 42 tahun alamat Talang Jawa , Kecamatan Pulau Panggung.

Dijelaskan Eka, riwayat pasien 655, merupakan kasus tidak bergejala. Mulanya pasien melakukan pemeriksaan PCR sebagai syarat untuk melakukan perjalanan.

“Hasil PCR pasien menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19. Karena pasien tidak bergejala maka melakukan isolasi mandiri di rumah dengan mengikuti ketentuan dan mematuhi protokol kesehatan,” jelas Eka.

Selanjutnya riwayat pasien 656 juga kasus tanpa gejala. Pasien merupakan karyawan PT Pertamina yang mengikuti tes PCR rutin dari perusahaan. 

“Hasil pemeriksaan PCR pada pasien yang menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19, karena pasien tidak bergejala maka dilakukan isolasi mandiri di rumah,” terang Eka.

Lalu pasien 657, kasus ini merupakan bergejala awalnya oleh keluarga dilakukan pemeriksaan RS Surya Asih Pringsewu, oleh tim RS Surya Asih Pringsewu dilakukan serangkaian pemeriksaan berupa RT-PCR, sambil menunggu hasil RT-PCR karena gejala mengarah infeksi Covid-19, pasien dilakukan perawatan di ruang isolasi. 

“Hasil swab pasien menunjukkan pasien terkonfirmasi positif covid-19, karena pasien masih bergejala pasien dilakukan isolasi lanjutan di RS Surya Asih Pringsewu untuk mendapatkan penangan lebih terkontrol.

Dengan penambahan tiga kasus tersebut maka saat ini di Tanggamus tercatat ada 657 kasus Covid-19. Di dalamnya selesai isolasi 599 orang, sedang isolasi 27 pasien dan 31 kasus kematian.

Eka mengimbau masyarakat agar selalu patuhi protokol kesehatan, pakai masker saat di luar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu cuci tangan pakai sabun. 

Lalu menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas atau bepergian yang tidak penting. 

“Dengan menjaga diri kita, maka kita juga menjaga keluarga kita serta orang-orang terdekat kita dari penularan virus corona,” pungkas Eka.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait