Positif Covid-19 di Waykanan Kembali Bertambah 3 Kasus

  • Whatsapp
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Way Kanan, Anang Risgianto

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Waykanan. Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes., kembali menyampaikan adanya penambahan masyarakat Waykanan yang terkonfirmasi positif Covid-19, hal itu sesuai dengan di rilis pemerintah Provinsi Lampung pada tanggal 17 Desember 2020 Kemarin.

Menurut Anang, bahwa Pasien ke 63, 64 dan 65 yang terkonfirmasi covid-19 yang disampaikan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Waykanan antara lain Ny. Ap (P63), Jenis Kelamin: Perempuan, Umur: 48 tahun, alamat: Sukabumi, Buay Bahuga, Waykanan, Kronologis Pasien Pada Tanggal (29/11) s.d (1/12), Ny. Ap  (P63) dan Tn. Ef (P64), mempunyai riwayat bersamaan mengikuti pelatihan di Bandar Lampung, Kemudian Pada (06/12), Ny. Ap (P63), mengeluh sakit kepala, batuk dan pilek dan kondisi pun belum membaik lalu berobat ke Puskesmas Sukabumi, dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya pasien dirujuk ke RSUD ZAPA Waykanan Pada Tanggal (08 Dan 09/12), dilakukan pengambilan RT PCR Swab, Kemudian Tanggal (17/12), mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pemeriksaan PCR Swab Ny. Ap (P63) dengan hasil konfirmasi positif covid 19.

Pasien kedua yakni Tn. Ef (P64), Jenis Kelamin: Laki-Laki, Umur: 38 tahun, alamat: Suka Agung, Buay Bahuga, Waykanan, Tanggal (29/11) s.d (1/12), mempunyai riwayat bersama Ny. Ap (P63) mengikuti pelatihan di Bandar Lampung Pada Tanggal (03/12), Tn. Ef (P64) mengeluh demam, pusing, batuk, dan pilek, lalu berobat ke bidan setempat, dan Kondisi Tn. Ef pun belum membaik dan mengeluh hilang rasa indera  penciuman, lalu berobat ke Puskesmas Sukabumi dan dilakukan rapid test dengan hasil reaktif, kemudian pasien dirujuk ke RSUD ZAPA.

Selanjutnya Tanggal (09 dan 10/12), dilakukan pengambilan RT PCR Swab, Kemudian Tanggal (17/12), mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pemeriksaan PCR Swab Tn. Ef (P64) dengan hasil konfirmasi positif covid 19.

Pasien ke ketiga yakni Tn. Ls (P65), Jenis Kelamin: Laki-Laki, Umur: 61 tahun, alamat: Tiuh Balak Pasar, Baradatu, Waykanan. Tn. Ls (P65) merupakan seorang pedagang, Kronologis Pasien Tanggal (1/12), hari Selasa mempunyai riwayat perjalanan ke Bandar Lampung untuk berbelanja, pada Tanggal (08/12), hari Selasa mengeluh demam, sesak, batuk dan berobat ke RS di Baradatu dengan diagnosa medis: CAP dan Febris. Lalu dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif, kemudian pasien dirujuk ke RSUD ZAPA.

“Selanjutnya Tanggal (09 dan 10/12), dilakukan pengambilan RT PCR Swab, Kemudian Tanggal (17/12), mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pemeriksaan PCR Swab Tn. Ls (P65) dengan hasil konfirmasi positif Covid-19, ketiganya telah dirawat di rumah sakit pemerintah untuk mempercepat pemulihan,“ tegas Anang seraya berharap agar masyarakat Waykanan dapat terus mengedepankan protokoler kesehatan dalam keseharian bermasyarakat untuk kepentingan dan kemaslahatan bersama, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak/physical distancing dan PHBS dengan CTPS serta jaga stamina tubuh masing-masing dengan menerapkan GERMAS.

Mirisnya, walaupun pasien Covid-19 di Waykanan terus bertambah, masyarakat masih saja abai akan hal itu, dan petugas penegak disiplin maupun yang tergabung dalam gugus tugas juga seakan membiarkan, hal itu dapat dilihat dari banyak nya pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker apalagi physical distancing, di pasar Pemda Km 2 Blambangan umpu, padahal 90 % para pedagang tersebut berasal dari luar Waykanan.(wk1/mlo)




Pos terkait