Positif Covid-19 Tanggamus Bertambah Tiga Kasus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id–Kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tanggamus kembali mengalami penambahan, kali ini bertambah tiga kasus. 

Ketiganya merupakan pasien bergejala dan dua diantaranya masih diisolasi di rumah sakit berbeda sementara satu pasien isolasi mandiri dirumah.

Bacaan Lainnya

Menurut Juru Bicara, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto, ketiga pasien merupakan kasus baru dengan gejala. Adapun datanya Pasien 524 usia 63 tahun perempuan alamat Kelurahan Kuripan Kotaagung, Pasien 525, perempuan usia 70 tahun alamat Pekon Sukarame Kecamatan Talangpadang dan pasien 526 perempuan usia 58 tahun alamat Pekon Kutadalom Kecamatan Gisting.

Dijelaskan Eka, pasien 524 awalnya dibawa pihak keluarga berobat ke Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung, karena pasien bergejala dengan disertai comorbid,oleh tim RS Urip Sumoharjo dilakukan serangkaian pemeriksaan termasuk pemeriksaan swab atau PCR Test.

“Sambil menunggu hasil swab karena gejala mengarah infeksi Covid-19, pasien dilakukan perawatan di ruang isolasi sambil menunggu hasil swab,” ujar Eka melalui keterangan tertulis.

Dilanjutkan Eka, pada pasien 525 dibawa berobat oleh keluarga ke Rumah Sakit Panti Secanti Gisting, karena bergejala dengan disertai comorbid oleh tim RS Panti Secanti Gisting dilakukan serangkaian pemeriksaan termasuk pemeriksaan swab, sambil menunggu hasil swab karena gejala mengarah infeksi Covid-19, pasien dilakukan perawatan di ruang isolasi sambil menunggu hasil swab.

Sama halnya dengan pasien 526 oleh keluarga dibawa ke RSUD Pringsewu, karena bergejala dan ada comorbid oleh tim RS Pringsewu dilakukan serangkaian pemeriksaan termasuk pemeriksaan swab, sambil menunggu hasil swab karena gejala mengarah infeksi Covid-19, pasien dilakukan perawatan di ruang isolasi sambil menunggu hasil swab.

“Pada Jumat (19/2) hasil swab pasien 524, 525 dan 526 menunjukkan hasil pasien terkonfirmasi positif covid-19, kepada pasien 524 dan pasien 525 dikarenakan masih bergejala pasien tetap dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit, sedangkan pasien 526 dikarenakan pasien tidak lagi menunjukkan gejala, dilakukan isolasi mandiri dirumah,” terang Eka.

Dilanjutkan Eka, adapun langkah-langkah tindak lanjut yang dilakukan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 yakni dengan melakukan tracing kepada yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19, dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan pasien dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Atas kondisi tersebut, maka perkembangan pemantauan Covid-19 Kabupaten Tanggamus sampai dengan Jumat malam, jumlah pasien positif 526, selesai Isolasi/sembuh 488 pasien dirawat 12 pasien dan kematian konfirmasi 26 kasus,” pungkas Eka.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait