Potensi Gelombang Sangat Tinggi Terjadi di Perairan Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali mengingatkan masyarakat terutama nelayan agar tetap waspada saat melaut. Pasalnya, hingga beberapa hari kedepan di perairan Pesbar (Samudera Hindia Barat, Lampung) berpotensi terjadi gelombang sangat tinggi.

Kepala BPBD Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kini kembali mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi. Salah satunya di perairan Kabupaten Pesbar yang berpotensi sangat tinggi mencapai 4-6 meter, hal itu berpeluang terjadi karena ada pola angin dan kecepatan angin yang cukup kencang dan terus mengalami perubahan.

Bacaan Lainnya

“Untuk di wilayah perairan Pesbar mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan berpotensi terjadi gelombang sangat tinggi antara 4-6 meter,” katanya, Kamis (26/8).

Pihaknya menyarankan agar potensi gelombang tinggi itu harus diwaspadai oleh nelayan setempat, termasuk nelayan yang menggunakan perahu penyeberangan. Hal itu sebagai upaya untuk pencegahan dan antisipasi terjadi kecelakaan laut, salah satunya yang disebabkan gelombang tinggi. Karena, potensi gelombang tinggi dapat memperbesar risiko keselamatan pelayaran dan masyarakat yang tinggal serta beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, sehingga semua masyarakat harus tetap waspada.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan berlayar diperairan yang berpeluang terjadi gelombang tinggi di wilayah Pesbar ini, salah satunya perahu nelayan perlu waspada ketika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter,” jelasnya.

Masih kata dia, pihaknya meminta agar peringatan dari BMKG maupun Pemkab Pesbar melalui BPBD maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya, terhadap potensi gelombang yang terjadi sangat tinggi di perairan Pesbar ini benar-benar diperhatikan oleh nelayan. Karena imbauan tersebut untuk keselamatan nelayan itu sendiri, sehingga jangan ada lagi nelayan yang nekat melaut saat terjadi gelombang tinggi di perairan Pesbar ini.

“Kita minta nelayan di Pesbar dan nelayan yang menggunakan perahu penyeberangan, untuk tidak nekat melaut. Terutama hingga beberapa hari kedepan dengan kondisi gelombang laut sangat tinggi yang berpotensi terjadi di perairan Pesbar ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait