PPKM Berlanjut, Mendagri Minta Lakukan Penguatan 3T

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta gubernur, wali kota dan bupati untuk melakukan penguatan 3T (testing, tracing, treatment) di wilayah kerja masing-masing, Selasa (10/8).

“Testing perlu terus ditingkatkan dengan target positivity rate kurang dari 10%. testing perlu terus ditingkatkan terhadap suspek, yaitu mereka yang bergejala, dan juga kontak erat,” ungkapnya dalam Inmendagri.

Bacaan Lainnya

Kemudian untuk di Provinsi Lampung ada enam daerah yang harus meningkatkan Testing diantaranya Kabupaten Pringsewu dengan target 6.097 per hari, Tulangbawang Barat 4.158, Lampung Timur 15.918, Lampung Selatan 15.456, Lampung Barat 4.613.

Kemudian Kota Bandarlampung 16.331 perhari Sehingga total di Lampung ada 62.573 tes per hari.

“Tracing perlu dilakukan sampai mencapai lebih dari 15 kontak erat per kasus konfirmasi. Karantina perlu dilakukan pada yang diidentifikasi sebagai kontak erat,” tambahnya.

Lanjutnya, Setelah diidentifikasi kontak erat harus segera diperiksa (entry-test) dan karantina perlu dijalankan. 

Jika hasil pemeriksaan positif maka perlu dilakukan isolasi, kalau hasil pemeriksaan negatif maka perlu dilanjutkan karantina. 

Pada hari kelima karantina, perlu dilakukan pemeriksaan kembali (exit-test) untuk melihat apakah virus terdeteksi setelah/selama masa inkubasi. Jika negatif, maka pasien dianggap selesai karantina.

“Treatment perlu dilakukan dengan komprehensif sesuai dengan berat gejala. Hanya pasien bergejala sedang, berat, dan kritis yang perlu dirawat di rumah sakit. Isolasi perlu dilakukan dengan ketat untuk mencegah penularan,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait