PPPK Guru di Lambar hanya Terisi 453 Formasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Dari 901 formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru di Kabupaten Lambar tahun 2021, hanya terisi 453 formasi.

“Untuk pengangkatan PPPK guru tahun 2021, Kabupaten Lambar mendapatkan kuota formasi sebanyak 901, namun dari jumlah tersebut hanya terisi 453 formasi dengan rincian seleksi tahap I lulus 210 orang dan seleksi tahap II lulus sebanyak 243 orang,” tegas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulki Basri, S.Pd, M.M, Senin (24/1).

Bacaan Lainnya


Dikatakannya, dengan telah diumumkannya hasil seleksi PPPK guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) maka formasi PPPK guru Kabupaten Lambar tidak seluruhnya terisi. 

“Tidak terpenuhinya kuota tersebut antara lain karena ada formasi yang tidak ada pelamarnya seperti halnya formasi guru BK ada yang tidak ada pendaftarnya,” kata dia.

Dilain pihak, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, mengungkapkan, Pemkab Lambar tahun ini menganggarkan dana untuk gaji PPPK guru dan non guru tahun 2021 sebesar Rp9,8 miliar lebih.

“Pemerintah daerah siap untuk membayar gaji PPPK guru dan non guru, bahkan telah menyiapkan dana sebesar Rp9,8 miliar untuk membayar gaji dalam satu tahun,” tegas Okmal.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Drs. Ahmad Hikami mengungkapkan, untuk pengajian PPPK telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.98/2020 tentang gaji dan tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. 

“Hak mereka (PPPK) sama dengan Pegawai Negeri Sipil, seperti halnya menerima gaji, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan pangan, serta tunjangan kinerja. Yang membedakan yaitu PPPK tidak ada pensiun, kemudian PPPK ada perjanjian kerja serta masa kerja minimal satu tahun dan maksimal lima tahun,” kata Ahmad Hikami. (lus/mlo)


Pos terkait