Prajurit Kodim 0424 Tanggamus, Jalani Vaksin Covid Dosis Pertama

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 0424/Tanggamus melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi prajuritnya. Kegiatan berlangsung di Aula Jenderal Sudirman, Makodim setempat, Jumat (5/3).

Komandan Kodim 0424/Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo didampingi Plh Pasi Ops Kapten Inf Redi Kurniawan mengatakan,  kegiatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kodim 0424 merupakan program Mabes TNI kepada seluruh jajaran TNI se Indonesia agar segera melaksanakan vaksinasi.

Bacaan Lainnya


“Jadi kegiatan vaksin yang kita lakukan hari ini adalah perintah dari komando atas,”ujar Arman yang ditemui di sela-sela kegiatan vaksin.

Dilanjutkan Dandim bahwa kegiatan vaksinasi Covid 19 di lingkungan Kodim 0424 diikuti oleh seluruh personel baik di Kodim maupun Koramil. Adapun jumlah seluruh personel Kodim 0424/Tanggamus mencapai 430 personel.

“Karena banyak sehingga dibagi dalam beberapa gelombang, kita laksanakan selama empat hari mulai Jumat 5 Maret 2021,lalu dilanjutkan kembali Senin 8 Maret hingga Rabu 10 Maret 2021,” ujar Arman.

Masih kata Dandim, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kodim 0424  bekerja sama dengan tenaga kesehatan baik di Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus maupun Diskes Pringsewu.

“Kegiatan vaksinasi ini kami menggandeng Diskes Tanggamus dan berkoordinasi dengan Diskes Pringsewu, jadi untuk pelaksanaan personel yang di Pringsewu tetap di Makodim hanya saja untuk vaksinnya dikirim dari Pringsewu ke Makodim sedangkan untuk unsur pelaksana vaksin tetap dari Diskes Tanggamus,” terang Arman.

Mantan Danyon 143 TWEJ ini juga menyebutkan bahwa untuk gelombang pertama direncanakan diikuti 95 personel, namun yang mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 83 personel, hal ini karena ada sejumlah personel yang belum layak divaksin karena kondisi kesehatan belum memungkinkan seperti tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi dan ada sejumlah personel izin karena sakit.

“Dan ada juga personel yang sedang mengikuti vidcon dengan mabes dan ada yang ikut bimtek sehingga akan dijadwalkan kembali bagi yang belum, dan Alhamdulillah giat vaksinasi gelombang pertama berjalan lancar,” kata Arman.

Arman berharap dengan dilaksanakannya vaksin ini semua prajurit Kodim 0424 Tanggamus sehat selalu sehingga aman saat menjalankan tugas seperti operasi Yustisi.

“Setelah divaksin bukan berarti bebas, personel tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” pesan Dandim.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus Basri mewakili Kepala Diskes Tanggamus, Taufik Hidayat mengatakan vaksin dosis pertama yang diberikan kepada prajurit Kodim 0424 berjenis Sinovac. Adapun vaksinator yang diterjunkan sebanyak dua tim dari UPT Puskesmas Sumberejo.

“Sebelum divaksin dilakukan registrasi kemudian skrining untuk melihat layak atau tidak seseorang disuntik vaksin dan terakhir observasi selama 30 menit, barulah mendapat sertifikat vaksin dosis pertama,” kata Basri

Masih kata Basri,bahwa untuk alasan vaksinator dari UPT Puskesmas Sumberejo, karena, petugas dari puskesmas lain seperti Kotaagung, Pasar Simpang Kotaagung Timur hingga UPT Puskesmas Gisting juga sedang melakukan kegiatan serupa dengan sasaran pegawai pelayanan publik.

“Hari ini juga serentak dilakukan vaksinasi bagi pelayanan publik di hampir seluruh UPT Puskesmas sehingga dibagi ada yang di Kodim ada yang di kecamatan masing-masing,” sebut Basri

Sementara Prajurit Kodim 0424 Serma Asnan.M mengaku tidak merasakan gejala setelah mendapatkan vaksin dan diobservasi selama 30 menit.

“Tidak ada gejala yang dirasakan, saya merasa baik-baik saja, jadi vaksin ini aman,” ujarnya.(ehl/rnn)




Pos terkait