Pranaldo Sukseskan Program Kampus Mengajar di SDN 1 Bahway

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pranaldo Gunawan, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengikuti program kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memberi kesempatan bagi setiap mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk bisa berkontribusi dalam dunia pendidikan terkhususnya di sekolah dasar untuk dapat menjadi duta perubahan dalam era new normal saat ini. 

Bacaan Lainnya


Meskipun sebagai mahasiswa di Fakultas Hukum, namun dirinya dituntut untuk dapat mengajar di sekolah penempatan dengan baik. Penempatan kegiatan yang ia ikuti adalah di salah satu sekolah dasar yang masih termasuk dalam sekolah terdepan, tertinggal dan terluar (3T ) yaitu di SD Negeri 1 Bahway Kecamatan Balik Bukit.

Dalam menjalankan program itu, Pranaldo Gunawan mengatakan salah satu program yang diberikan kepada siswa dan siswi di sekolah adalah tentang pengenalan teknologi yang bisa membantu dalam proses pembelajaran online dan juga profil pembelajaran pancasila yang mana setiap siswa dan siswi harus dapat menerapkan nilai-nilai pancasila dalam lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggalnya. 

“Kegiatan ini berlangsung sejak 22 Maret 2021 sampai 26 juni 2021. Selain mengajar di sekolah induk, saya pun mengajar di kelas jauh. Dimana kelas jauh ini terletak di bawah kaki Gunung Pesagi dan akses menuju kelas jauh ini harus menguras tenaga yang ekstra karena menempuh jalan yang terjal serta berlumpur,” terangnya. 

Mahasiswa kelahiran Liwa 26 Agustus 1997 ini melanjutkan banyak pengalaman yang ia dapatkan. Selain itu banyak juga yang ia temukan. Misal, masih banyak siswa yang mempertahankan kearifan lokalnya dengan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah.

“Dan yang paling di luar dugaan adalah semangat siswa-siswi di kelas jauh, meskipun mereka terisolir dari dunia luar dikarenakan akses ke halaman tempat tinggal mereka jauh dari jangkauan, mereka sangat antusias dan bersemangat mengikuti proses pembelajaran yang diberikan,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga turut menjalankan program untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar dengan cara mengenali tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan mengetahui apa saja manfaat dari tumbuhan di sekitar, dan yang paling penting siswa sudah dapat menanam dan merawat tanaman obat keluarga di lingkungan sekitar sekolah. 

Sementara itu,  Kasniar salah seorang tua siswa di kelas jauh mengaku menyambut baik kehadiran program ini dan ini sangat membantu bagi perkembangan siswa baik bidang akademik maupun di bidang lainnya. ”Harapannya semoga program ini terus ada dan jangka waktunya diperpanjang,” harapnya.(edi/mlo)




Pos terkait