Produksi Kopi di Lambar Ditarget 1,14 Ton/Ha 

  • Whatsapp
Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar tahun ini menargetkan target produksi kopi 1,14 ton/hektar. 

“Untuk produksi kopi ada potensi turun di beberapa wilayah, seperti halnya sebagian di wilayah Kecamatan Sekincau, Kecamatan Waytenong dan Kecamatan Batubrak. Hal itu sesuai dengan hasil pemantauan yang kita lakukan di lapangan pada Desember lalu,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P., M.P., mendampingi Kepala Disbunnak Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Selasa (19/1)

Bacaan Lainnya

Kata dia, faktor terjadinya penurunan produksi di sebagian wilayah itu dikarenakan belum optimalnya proses pemeliharaan tanaman, seperti pemangkasan yang kurang baik, pemupukan belum optimal dan juga faktor curah hujan yang cukup tinggi. 

Meski ada potensi penurunan di beberapa wilayah, lanjut Sumarlin, namun ia optimis target produksi kopi robusta tahun ini akan tercapai.

“Untuk  produksi kopi kita optimis  realisasinya di atas target yang ditetapkan,” ucapnya.

Kata dia, adapun upaya yang akan dilakukan pihaknya untuk peningkatan produksi kopi yaitu melakukan pembinaan langsung kepada kelompok tani baik formal maupun secara formal, kemudian bekerjasama dengan komunitas peduli kopi akan terus melakukan peningkatan kapasitas untuk memelihara kebunnya.

Selain itu, juga tahun ini akan ada bantuan entres bibit tanaman kopi untuk seluas 25 hektar  yang bersumber dari APBD Lambar melalui program intensifikasi dan peremajaan kopi.

“Dengan adanya berbagai upaya tersebut, kita berharap produksi kopi di Kabupaten Lambar akan meningkat,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait