Produktivitas Kopi Robusta di Lambar Naik 0,08 Ton/Ha

  • Whatsapp
Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si,

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar akan terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas kopi di kabupaten Beguai Jejama Sai Betik ini.

Untuk tahun ini, target produktivitas kopi sebesar 1,12 ton per hektar (Ha) namun telah terealisasi sebesar 1,2 ton/Ha.

Bacaan Lainnya


“Hasil taksasi akhir bahwa untuk produktivitas kopi robusta di Kabupaten Lambar tahun ini mengalami peningkatan 0,08 ton/Ha atau setara 80 Kilogram/Ha dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Agustanto Basmar, S.P, M.Si didampingi Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P, Rabu (16/12).

Agustanto mengungkapkan, sejumlah upaya untuk meningkatkan produksi kopi tersebut antara lain, mendorong perilaku petani untuk melakukan pemeliharaan tanaman dengan baik  seperti melakukan pemangkasan dan pemupukan yang tepat, bantuan entris tanamanan kopi atau peremajaan tanaman kopi, serta penyulaman tanaman kopi yang telah rusak.

“Naiknya produktivitas kopi tahun ini antara lain karena perubahan perilaku petani dan kelompok tani yang lebih baik dibanding sebelumnya, serta melakukan pemeliharaan tanaman dengan baik, melakukan pemangkasan dan pemupukan yang tepat,” kata dia

Selain itu, pihaknya juga mendorong petani dengan melaksanakan pembinaan dan pelatihan pengendalian serangan hama penggerek buah kopi (BPKo) serta melakukan pembinaan dan pelatihan budidaya yang berkelanjutan.

“Untuk produktivitas kopi tahun 2021 di Kabupaten Lambar, kita menargetkan sebesar 1,3 ton/Ha, dan kita optimis target tersebut tercapai,” tutupnya. (lus/mlo)


Pos terkait