Program 1000 Desa Sapi Tambah Stok Daging Lebaran 

  • Whatsapp
Kepala Disnakkeswan Provinsi Lampung, Ir. Lili Marwati, M.Si.

Medialampung.co.id – Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah prioritas program Pengembangan 1000 Desa Sapi.

Diberitakan sebelumnya  ada beberapa kelompok penerima program tersebut yakni Kelompok Barokah Jaya Desa Wonodadi, Kelompok Bumi Asih Sejahtera Desa Wawasan, Kelompok Sukamaju dua Desa Purwodadi, Kelompok Sumber Rejeki Desa Bangunsari serta Kelompok Sudimakmur tiga Desa Sidomukti, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan.

Bacaan Lainnya

Diketahui sebelumnya Program Pengembangan 1000 Desa Sapi terkendala pengadaannya di akhir tahun. Dan pengadaannya bukan di Dinas peternakan tetapi di pusat. 

“Untuk sekarang sapi yang sudah masuk stok Program Desa 1000 Sapi ada 537 ekor. Yang sudah terdistribusi keempat kelompok,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si., saat dimintai keterangan.

Ia juga mengatakan untuk kelompok yang sudah lengkap yaitu Barokah Jaya dengan 100 ekor Sapi Indukan dan 100 Sapi bakalan, kemudian kelompok Suka Maju dua dengan 69 ekor indukan, 64 ekor bakalan. Sudi Makmur tiga indukan 63 bakalan ada 16 ekor.

Selanjutnya kelompok Sumber Rezeki indukan 100 ekor dan bakalan 62 ekor. 

“Sampai sekarangpun pihak penyedia UPTD Pusat berupaya untuk mengisi Kekurangan sebanyak 463 ekor,” tambahnya.

Ia juga mengatakan di bulan februari kekurangan tersebut akan dilengkapi.

“Insyaallah di bulan Februari Minggu kedua sapi-sapi tersebut sudah lengkap semua,” jelasnya.

Ia juga mengatakan dari sapi-sapi indukan yang sudah di ternak saat ini beberapa sudah di dilakukan Kawin Suntik (IB). Rinciannya yaitu kelompok barokah jaya dari 100 ekor indukan yang sudah di IB ada 44 ekor, Sumber Rezeki yang sudah di IB 11 ekor, Sudi Makmur Dua  ada 17 ekor.

Kegiatan pengembangan 1000 Desa sapi terdiri dari budidaya, pengembangan biakan dan pengembukan. 

“Ini nanti di bulan Mei kita panen sapi penggemukan. Jadi nanti ada 500 sapi yang siap jual , artinya kita lebaran tidak akan kekurangan sapi,” tutupnya. (ded/mlo)


Pos terkait